DaerahGarda NusantaraGarda Sorong RayaHeadline newsInfo Ekobiez

Sepakat Akan Bentuk DPD ASITA, Travel Agent di Papua Barat Daya Bakal Gelar Pertemuan Perdana

SORONG, gardapapua.com — Setelah mendapatkan angin segar dukungan dari dari Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Papua Barat Daya (PBD), Yusdi Lamatenggo, para pengusaha yang menekuni bidang usaha Travel agent atau agen perjalanan wisata, mulai bergerak merencanakan pertemuan rapat perdana, pembentukan Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Dewan Pengurus Daerah (DPD), Provinsi Papua Barat Daya (PBD).

Kepada gardapapua.com, kamis (27/7/2023), salah satu penggagas pertemuan perdana ini, dan juga pengusaha travel agent yang berbasis di Raja Ampat, Recky Tito Mugama, kala dikonfirmasi, membenarkan maksud dan rencana yang akan dihelat oleh para pengusaha yang siap menjadi anggota dan pengurus DPD ASITA Papua Barat Daya (PBD) tersebut.

Diketahui, Asita merupakan Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia yang di dalam Bahasa Inggris juga dikenal dengan Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) adalah suatu perkumpulan yang mewadahi pengusaha atau pelaku usaha di bidang jasa perjalanan wisata di Indonesia.

Didirikan di Jakarta pada 7 Januari 1971, silam, bertujuan untuk meningkatkan citra pariwisata Indonesia dan peran para anggota sebagai pelaku utama pariwisata nasional dan internasional berdaya saing global. Kini sedang direncanakan untuk pembentukan DPD dan DPC di wilayah Papua Barat Daya (PBD).

“Saya berharap dengan langkah – langkah yang telah kita buat, dan atas dukungan Kadispora Pariwisata dan Ekraf, maka asosiasi ASITA tingkat DPD PBD bisa segera terbentuk. Sehingga kita sudah mulai untuk melaksanakan langkah – langkah awal melalui kegiatan pertemuan terlebih dahulu,”Ungkap Recky Tito Mugama.

Baca Juga : https://gardapapua.com/2023/07/27/didukung-kadispora-pariwisata-dan-ekonomi-kreatif-dpd-asita-papua-barat-daya-segera-terbentuk/

“Karena ini langkah awal untuk tingkat provinsi sehingga penting kita melakukan upaya koordinasi dan menghimpun data awal. Nantinya akan dibentuk juga ditingkat 5 Kabupaten dan 1 Kota,”Cetusnya menambahkan.

Adapun saat ini, ungkap Recky bahwa menjelang pelaksanaan rapat perdana ini sudah ada hampir 20an agent travel yang terhimpun. Dan ini sudah memenuhi kuota travel agent pembentukan DPD ASITA tingkat provinsi, di daerah.

“Kita akan rapat perdana ini rencanannya pada Jumat 28 juli 2023, jam 14.30 wit, di Vega Hotel, Kota Sorong,”Bebernya

Selain itu, tujuan pembentukan DPD ASITA di Papua Barat Daya (PBD) ini adalah untuk meminimalisir tindakan penipuan para agen atau biro perjalanan ‘gadungan’. Juga dengan adanya asosiasi ASITA ini kedepan, pihaknya akan mengonsolidasikan lagi data travel agent atau tour operator yang resmi, atau para pengusaha yang bergerak dalam bidang usaha travel agent, khususnya yang berbabis di wilayah Papua Barat Daya (PBD).

“Harapannya kedepan bisa lebih tertib lagi pendataan jenis usaha atau pengusaha yang bergerak dalam travel agent, kemudian hal ini dalam rangka meminimalisir terjadinya tindakan – tindakan penipuan kepada masyarakat mengatasnamakan agen travel. Sehingga kedepan tidak ada lagi travel agent gadungan dan tidak bertanggung jawab menjamur di PBD,”Cetusnya.

“Kami apresiasi kepala dinas yang telah merespon baik rencana kehadiran DPD ASITA PBD. Beliau mengharapkan mala, kalau bisa ASITA sudah bisa terbentuk di PBD. Beliau sangat mensuport dan mendukung hal ini,”Tambah Recky. [RV/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *