Aspirasi RakyatChannel YoutubeDaerahGarda ManokwariGarda Papua BaratHeadline newsPolitik

Partai Hanura Terima Berkas Formulir Cawabup Purwanto dari PSI dan Tim Koalisi 8

Klik Tautan Selengkapnya, Dibawah Ini :

MANOKWARI, gardapapua.com — Sekretariat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) kabupaten Manokwari, menjadi Partai ketiga yang disambangi oleh tim koalisi 8 dan pengurus DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Papua Barat untuk secara resmi mengembalikan berkas atau dokumen pendaftaran calon wakil bupati (Cawabup) Purwanto, yang juga selaku Ketua DPW PSI Papua Barat.

Tiba di sekretariat DPC Hanura Manokwari, Jumat (17/5/2024), sekira pukul 13.30 wit, tim koalisi 8 disambut baik, oleh Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Manokwari, Richard Rumbarar, S.H, dan sekretaris Patrias Richard Boseren, dan tim penjaringan bakal calon bupati – wakil bupati DPC Partai Hanura.

Dimana proses pengembalian berkas formulir Cawabup Purwanto dikawal Sekretaris Koalisi 8 Papua Barat, yang juga selaku Ketua DPW Partai Ummat Papua Barat, Jemmy Morin.

Jemmy Morin menyebutkan hingga saat ini proses dan mekanisme pengembalian formulir bakal calon wakil bupati (Cawabup) Purwanto di sejumlah partai dalam menyongsong Pilkada 2024, Manokwari terus berjalan sesuai mekanisme di sejumlah partai. Sementara itu, pada tim partai koalisi 8 terus berkomitmen untuk bisa mengawal Purwanto sebagai kandidat Cawabup.

“Kami koalisi 8 ini sangat komitmen. Karena ini keputusan kami mengusung Purwanto sebagai Calon Wakil Bupati (Cawabup) dalam perhelatan pemilukada Manokwari,”Papar Jemmy Morin.

Ketua Tim Penjaringan Calon Bupati – Wakil Bupati DPC Partai Hanura Manokwari, Orpa Tandiseno,S.P, dalam wawancaranya mengatakan, pihaknya berharap pilkada mendatang bisa menghasilkan pemimpin yang betul-betul memperjuangkan aspirasi masyarakat. Partai Hanura sendiri terus membuka diri dan tengah koordinasi dengan partai lainnya untuk berkoalisi.

Orpa menjelaskan pembukaan penjaringan calon kepala daerah ini merespons Pilkada serentak 2024. Menurutnya pembukaan penjaringan itu sesuai dengan arahan DPP Hanura.

“Kami lakukan penjaringan berdasarkan juknis, dan ini berdasarkan juga instruksi DPP. Dimana jadwal mekanisme penjaringan ini kami telah buka sejak tanggal 06 – 24 Mei 2024. Dimana sampai saat ini 17 mei 2024, sekitar 5 orang Calon Bupati (Cabup) yang telah resmi mengembalikan formulir pendaftarannya. Lalu untuk calon wakil bupati (Cawabup) yang telah resmi mengembalikan berkas formulir secara lengkap ada 4 orang calon, termasuk Purwanto Ketua DPW PSI Papua Barat. Dan untuk calon yang berpasangan ada 1 orang yang mendaftar lengkap yaitu paslon Cabup – Cawabup, Hans Mandacan – Edy Waluyo,”Ucap Ketua Tim Penjaringan, Orpa Tandiseno,S.P.

“Partai Hanura kami tetap sebagaimana menjelang dan menyukseskan perhelatan pemilukada ini, kami juga sama tengah membangun komunikasi – komunikasi politik dengan partai – partai lainnya. Ini hal yang wajar sebagai bentuk membangun suatu koalisi pemenangan yang kuat,”Paparnya menambahkan.

Dengan dibukanya penjaringan ini diharapkan terjalinnya komunikasi yang baik dengan para kandidat calon bupati dan wakil bupati. Serta momentum ini, sebisanya digunakan untuk mendapat dukungan dari Partai Hanura.

“Setelah proses penjaringan bacalon bupati – wakil bupati ini kami tutup, kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan Pleno internal, lalu sejumlah nama – nama calon kandidat, baik Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup), kita akan rekap dan laporkan ke DPD untuk ditinjau dan dilanjutkan ke tingkat DPP,”Ujarnya Orpa.

Selanjutnya, Kata Orpa, para calon kandidat akan diarahkan untuk wajib mengikuti Fit and proper test meliputi pemahaman tentang partai Hanura, serta pemaparan Visi – Misi.

“Sehingga harapan kami dari tim penjaringan bahwa kepada para kandidat Calon Bupati – Calon Wakil Bupati yang sudah mendaftar resmi ke kami, sebelum proses Fit and proper test bergulir sebisanya telah saling memiliki masing – masing pasangannya. Karena yang akan direkomendasikan untuk ikut Fit and proper test kepada paslon yang telah berpasangan lengkap (Cabup – Cawabup),”Terang Orpa. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *