DaerahGarda KaimanaGarda Papua BaratHeadline news

Ketua Dekranasda PB Buka Kegiatan Sosialisasi Kerajinan bagi Pelaku UMKM di Kaimana, Selanjutnya ke Teluk Bintuni

KAIMANA, gardapapua.com ā€“ Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Papua Barat menggelar sosialisasi perijinan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Kaimana, pada Senin (16/10/2023).

Turut hadir Bupati Kaimana Frenddy Thie, Ketua PKK yang juga sekaligus ketua Dekranasda Kabupaten Kaimana, Ernawati Thie dan para pelaku usaha serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua Dekranasda Provinsi Papua Barat Roma Megawanty.P, mengatakan, bahwa membangun bangsa tidak terlepas dari membanggun suatu budaya yang lahir tumbuh dan berkembang dalam keseharian masyarakat.

Lanjut mengemukakan, bahwa salah satunya melalui pembanggunan sector kerajinan daerah, untuk mengali, mengembangkan, melindungi dan melestarikan seni kerajinan yang merupakan warisan buadaya kearifan lokal.

“Maaka Dekranasda merupakan wadah yang tepat oraganisasi yang independent, dan Merupakan mitra pemda, dan juga memiliki peran dalam mendorong kemajuan daerah melalui sector kerajanian yang unggul mandiri dan berdaya saing,”Ujarnya.

Daya saing kerajinan lokal, lanjut dikatakannya, dinilai memiliki beberapa aspek penting antara tingkatkan daya produk dan legalitas usaha UMKM itu sendiri.

“Ini sejalan dengan komitmen gubernur papua barat dalam HUT Papua Barat yang ke – 24 Tahun 2023, untuk menjadikan Papua Barat sebagai daerah memiliki olahan produk lokal berkualitas. Kami telah lakukan kegiatan yang sama di Kabupaten Manokwari, Fakfak dan teluk wondama, dan akan terus marathon ke Kabupaten lainnya , saat ini ke kaimana, kami akan lanjut ke Bintuni dan akan ditutup di manokwari selatan,”Terangnya.

Tentunya dengan dilaksanakan sosialisasi tersebut, diharapkan akan memberikan pemahanaman yang komperhensip kepada semua pihak akan pentingnya legalitas usaha, dan memiliki kemauan keras mengelola hasil karya berkualitas.

“Tadi sudah disampaikan pentingnya legaliatas pentingkanya perijinan itu kita usrus untuk membuat usaha kita aman dannyaman kedepannya. Selain itu juga. Penting menggunakan ruang yang ada, jangan malu – malu untuk bertanya sebanyak – banyak nya dan yang sudah membawa dokumen lengkap agar dapat mengajukan perijinan karena bersifat online,”Tukasnya.

Selain memberikan sosialisasi perijinan bagi UMKM, Dekranasda Provinsi juga siap memberikan anggaran kepada pelaku UMKM untuk membiayai kepengurusan perijinan. [TIM/RED]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *