DaerahGarda KaimanaGarda Papua BaratHeadline news

Polres Kaimana Gelar Operasi Mantap Brata PAM Pemilu 2024, Ini pesan Kapolri

KAIMANA, gardapapua.com – Apel gelar pasukan Mantap Brata Tahun 2023, dalam rangka menyukseskan agenda pengamaman Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 juga berlangsung di halaman upacara Stadion upacara Triton, Jalan Utarom Kabupaten Kaimana, Papua Barat, di pimpin langsung Komisaris Polisi (Kompol) Mapparenta, S.Sos.

Dalam sambutan tertulis Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dibacakan Kompol Mapparenta, dikesempatan itu mengatakan, bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini merupakan perintah langsung presiden Republik Indonesia. Harapannya, agar pada Tahun 2024 adalah moment politik yang sangat penting, dan merupakan pesta demokrasi terbesar dan secara serentak dibandingkan tahun sebelumnya.

Lanjut dikatakan, merupakan pekerjaan besar menentukan masa depan bangsa Indonesia, masa depan Negara Indonesia.

“Melihat pentingnya hal tersebut, maka seluruh komponen bangsa tentunya harus berpartisipasi penuh guna menyukseskan pemilu 2024. Terlebih lagi, pemilu 2024 memiliki kompleksitas tersendiri, karena dilaksanakan secara serentak dengan rentang waktu yang berdekatan, wilayah yang luas, geografis yang beragam serta melibatkan jumlah pemilih yang besar,”Ungkap Kapolri dalam sambutannya.

Oleh sebab itu, guna mengamankan pemilu 2024, maka Polri didukung TNI, Kementerian atau lembaga, instansi terkait dan mitra Kantibmas lainnya, menggelar Operasi Mantap Brata tahun 2023-2024, dimana operasi ini akan dilaksanakan selama 222 hari sejak 19 Oktober 2023 sampai 20 Oktober 2024 yang diikuti oleh 261.695 personel di seluruh wilayah Indonesia.

“Polri juga telah membentuk pola pengamanan sistem wilayah atau zonasi bagi personel korps Brimob Polri dan Dalmas Nusantara, dimana untuk Korps Brimob terbagi dalam 4 wilayah, sedangkan untuk Dalmas Nusantara terbagi dalam 7 zonasi,”Paparnya

Bukan hanya itu, Polri juga menyiapkan 2.000 personel Brimob Power On Hand Kapolri, serta 8.500 personel Dalmas Nusantara yang siap dimobilisasi kapanpun dan dimanapun ke seluruh wilayah Indonesia.

Kapolri juga menekankan 7 point penting yang harus dipedomani yakni; tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, pastikan kesiapan perlengkapan pribadi, sarpras dan fasilitas penunjang lainnya sehingga dapat mendukung pelaksanaan operasi, laksanakan pengamanan dengan penuh rasa tanggung jawab, humanis dan professional sesuai dengan SOP dengan menerapakan Buddy System, guna menjamin keselamatan personel.

“Pimpinan disetiap tingkatan harus terjun langsung ke lapangan untuk melakukan pengawasan melekat kadapa anggotanya masing-masing,”Jelasnya

Lakukan pengaturan jadwal pengamanan sehingga kesehatan personel selalu dalam kondisi yang prima.

Kedepankan komunikasi publik dan upaya Cooling System, Tingkatkan sinergitas dan solidaritas antara seluruh personel pangamanan maupun stakeholder terkait karena hal tersebut adalah kunci utama keberhasilan operasi.

Hadir dalam pelaksanaan Apel Gelar Pasukan ini Forkopimda Kaimana, personel POM AD, personel Kodim 1804 Kaimana, persnel Batalyion Inf. 764/IB, Saptol PP, Lembaga Pemasyarakatan, Basarnas Kaimana, Orari dan sejumlah tamu undangan lain. [JO/RED]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *