Rencana Penerapan New Normal, Begini Penegasan Bupati Kaimana

KAIMANA, gardapapua.com — Terkait rencana penerapan New Normal dalam rangka mendukung peningkatan pembaharuan tatanan kehidupan yang baru ditengah situasi pandemi Covid19, rupanya bukan sekedae hal yang akan diterapkan begitu saja di Kabupaten Kaimana.

Bupati Kaimana, Drs Matias Mairuma, dalam kesempatan itu menegaskan, bahwa hadirnya tatanan New Normal dan harus diakui akan berdampak pada pola hipup sehingga ada tiga prinsip yang tidak bisa dihindari selama penerapan New Normal yakni, selalu memakai masker, cuci tangan dan tetap jaga jarak.

“Yang namanya New Normal pola hidup kita mulai berubah, artinya dibuka dan bukan berarti kita harus bebas,” Ujar Bupati Kaimana, Drs Matias Mairuma, kepada wartawan Senin (15/6) di ruang rapat kantor Bupati.

Lanjut dikatakan Bupati, bahwa penerapan New normal untuk Kabupaten kota, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkofimda) Kaimana, telah melakukan video conference bersama Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 pemerintah pusat Doni Monardo, yang diikuti oleh Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Dalam video conference tersebut, dijelaskan juga disosialisasikan tentang persiapan New Normal di Indonesia.

” Dalam video conference tersebut juga dijelaskan, bukan semerta-merta untuk langsung diimplementasikan di daerah masing – masing karena baru sebatas sosialisasi, dan dalam menghadapi penerapan New Normal setiap Kementerian lagi menggodok protokol medis. Jika masing-masing kementerian sudah menyiapkan konsep protokol kesehatan, akan dilakukan video conference kembali,”Imbuhnya.

Sehubungan video conference secara nasional sudah clear, Kata Bupati, dalam waktu dekat akan dirapatkan kembali bersama Tim Gustu covid 19 Kabupaten kaimana.

“Hari ini atau besok kami akan mengundang Tim Gugus Tugas Covid-19 menyampaikan hasil coffee morning hari Jumat kemarin. Saya sudah katakan bahwa Kabupaten Kaimana, harus siap melaksanakan New Normal, dengan berbagai protokol kesehatan juga harus diikuti,”Terangnya

Dalam penerapan New Normal Nantinya, Tambah Bupati, Sekolah – sekolah akan dibuka, kapal penumpang akan masuk, pasar akan berjalan normal dan lain sebagainnya.

“Harus berjalan semua, intinya memperhatikan Protokol Kesehatan”Tambah Bupati. [JO/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *