Lembaga Adat Betkaf R4, Dukung Frengki Umpain Sebagai Pansel DPR-PB Otsus 2019 – 2024

SORONG, gardapapua.com — Menyikapi pemberitaan salah satu media di papua barat yang di tujukan untuk membatalkan Frengki umpain sebagai Pansel DPRPB Otsus 2019-2024 yang dikeluarkan oleh Ketua DAS Maya, disanggah oleh PLT Lembaga adat Betew Kafdarun, Ir.Wilem Watem.

Menurut PLT Lembaga adat Betew Kafdarun, Ir.Wilem watem, menyebutkan kekeliruan unsur penolakan tersebut.

Kepada gardapapua.com, Jumat (22/5/2020) Plt Lembaga Adat Betew Kafdarun, Ir.Wilem Watem saat menyikapi balik pernyataan Ketua DAS Maya menuturkan, bahwa jikalau menyebut dan menganggap seorang sosok frengki umpain Non OAP adalah keliru. karena jelas, Frengki Umpain, adalah murni Orang Asli Papua (OAP) dari kelompok adat Lembaga Betew Kafdarun (Betkaf) dan garis keturunannya jelas.

Sehingga, selaku pimpinan lembaga Adat mestinya lebih bijaksana saat menyampaikan sebuah alur informasi kepada masyarakat apalagi sudah mengarah kepada status Orang Asli Papua (OAP).

“Harusnya lebih berhati-hati mengeluarkan statement seperti itu. Jangan karena idealis membuka ruang untuk berdebat berkepanjangan tentang ayam dan telur akhirnya membuahkan konflik,”Jelasnya

Sehingga sudah sewajarnya saling melindungi dan mendukung sesama anak – anak adat yang mau tampil membela masyarakat. Sebab, dengan ujaran kasih dan damai maka kelompok masyarakat yang hidup berdampingan di wilayah kepulauan raja ampat ini, akan hidup lebih baik.

” Jikalau mungkin memang benarnya kalau frengki umpain bukan orang maya. Jadi oleh suku maya menolaknya sebagai calon pansel mewakili kelompok masyarakat adat suku maya. namun sesungguhnya Ketua DAS Maya tidak elok adanya jikalau mengeluarkan pernyataan sepihak tentang OAP dan Non OAP,”Pungkasnya. [DM/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *