Aspirasi RakyatChannel YoutubeDaerahGarda ManokwariGarda NusantaraPeristiwaPolitik

Koalisi 8 Klarifkasi terkait Selebaran Poster telah Final dukung Calon tertentu dalam Pemilukada 2024 Papua Barat, Ini Penjelasannya !

Klik Tautan Video di Bawah Ini :

 

MANOKWARI, gardapapua.com — Beberapa hari terakhir, beberapa Partai Politik yang tergabung dalam gerbong koalisi delapan Papua Barat diresahkan dengan beredarnya sebuah Poster dan gambar terpampang wajah calon kepala daerah tertentu dan logo juga nama – nama petinggi partai tim koalisi delapan, soal finalisasi dukungan terhadap calon tertentu yang akan maju didalam proses Pemilukada 2024 papua barat.

Terkait itu, Harton M. Tapilatu selaku Koordinator Ketua Tim Koalisi 8, saat dikonfirmasi, pada Jumat (19/4/2024), dengan tegas menyatakan bahwa poster yang telah tersebar dibeberapa media sosial adalah bukan buatan dan tidak didesain secara resmi oleh tim yang tergabung di dalam koalisi delapan.

“Poster atau gambar selebaran yang beredar bahwa koalisi 8 telah bulat menyatakan sikap ke calon tertentu itu adalah sebuah tafsiran dan opini publik semata. Kami tegaskan bahwa koalisi 8 ini sesuai dari mekanisme masing – masing partai berdasarkan petunjuk DPP itu masih harus melakukan proses penjajakan dan penjaringan terlebih dahulu. Jadi kami tegaskan poster atau selebaran itu, bukan dibuat dan dikeluarkan secara resmi oleh pihak kami koalisi 8. Untuk komunikasi politik memang sudah terbangun, dan kami tetap terbuka dengan siapapun bakal calon kandidat gubernur yang akan maju dalam perhelatan pemilukada 2024 Papua Barat,”Ujar Harton M. Tapilatu.

Lebih lanjut, hal ini disimpulkannya mengingat bahwa hal yang telah terjadi diduga dimainkan oleh sejumlah pihak tanpa konfirmasi ke tim koalisi delapan. Selain itu, dalam pembuatan poster atau apapun itu bentuknya tim koalisi 8 telah memiliki bidang kehumasan dan sekretariat yang tahu betul akan ciri khas teknik mendesain serta diketahui terlebih dahulu oleh Ketua tim koalisi delapan.

“Jadi kami terpaksa tanggapi. Karena sesungguhnya kami masih dalam proses penjajakan melihat figur – figur potensial. Selain itu ini menjawab keresahan beberapa teman- teman didalam koalisi terhadap sebuah poster yang desain dan tersebar bukan keluar resmi dari tim koalisi delapan sebagai proses persetujuan bersama,”Tegas Harton

Harton menyebut, bahwa pihaknya sejauh ini benar adanya masih terus melakukan upaya – upaya membangun komunikasi politik dengan semua partai politik yang ada dan merupakan peserta pemilu pileg 2024, serta juga semua para bakal calon kepala daerah di wilayah Papua Barat.

“Benar, soal perjumpaan itu hal wajar. Kami memang sudah bangun komunikasi politik dengan beberapa calon kandidat, namun bukan berarti sudah final. Karena kalau sudah final, pasti kami buat pernyataan sikap secara resmi, ada surat pernyataan sikap kami, dan juga dihadiri oleh para calon kandidat yang siap menerima kami untuk bersama bekerja dalam pemenangan pemilukada Gubernur – Wakil Gubernur papua barat periode 2024 – 2029,”Tukasnya

Senada akan itu, Jemmy Morin selaku sekretaris umum tim koalisi 8 mengakui, bahwa dirinya juga dalam beberapa waktu kemarin menerima kiriman poster tersebut yang telah disebarkan dalam beberapa group media sosial whatsapp. Sehingga dia hanya meneruskan, dan berharap hal ini bisa dengan cepat ditanggapi oleh tim koalisi. Mengingat sampai kini, koalisi 8 masih dalam proses penjajakan para calon kandidat kepala daerah.

“Saya tegaskan lagi, bahwa poster desain itu bukan dari pihak kami secara resmi. Mungkin saja melihat kami telah berjumpa beberapa waktu lalu, kemudian klaim – klaim ini dimainkan di sosial media. Perlu kami tegaskan, bahwa desain baliho, stiker yang kami buat ada kode tertentu yang kami selipkan, untuk mempermudah pemantauan kami sebagai bentuk survei internal koalisi,”Tegas Morin. [TIM/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *