BudayaDaerahGarda ManokwariPolitik

Pemda Manokwari gandeng 18 Parpol dan Lembaga Penyelenggara Gelar Deklarasi Pemilu Damai 2024, Ini Selengkapnya !

MANOKWARI, gardapapua.com — Bupati Manokwari Hermus Indou menghadiri dan memimpin secara langsung, Deklarasi damai Pemilu Tahun 2024, pada sabtu (3/2/2024).

Deklarasi bersama Bawaslu, KPU dan18 Partai Politik peserta Pemilu itu dalam rangka menciptakan pemilu tahun 2024 yang damai, bermartabat serta berkualitas.

Hadir dalam kesempatan ini, unsur Pimpinan pemerintah Kabupaten Manokwari, jajaran FORKOPIMDA, lembaga penyelenggara KPU, Bawaslu, serta 18 partai poltik peserta pemilu.

Kata Hermus Indou, bahwa tak terasa tinggal beberapa hari lagi menuju hari penconlosan pemilihan umum (pemilu) 14 feberuari 2024. Agar tercipta pemilu yang damai dan bermartabat serta berkualitas, maka di langsungkan deklarasi pemilu damai di wilayah kabupaten manokwari.

Deklarasi pemilu damai di ikuti oleh 18 partai politik peserta kontestan pemilu 2024 dan para calon legislatif, unsur forkopimda, komisi pemilihan umum (KPU ) manokwari sebagai penyelenggara dan bawaslu sebagai pengawas pemilihan umum di manokwari, diharapkan menjadi bukti benar-benar mampu menciptakan suasana yang kondusif dikalangan para pendukung maupun peserta pemilu. Tentu agar suasana dan stabilitas keamanan menjelang Pemilu 2024, menjadi tanggung jawab semua pihak di daerah.

Tiga poin penting deklarasi pemilu damai yang di muat dalam pakta integritas di bacakan oleh bupati manokwari hermus indou, diantaranya terkait dengan pernyataan bersama mewujudkan pemilu dengan asas luber, pelaksanaan pemilu yang tertib damai dan berintegritas tanpa politisasi dan tanpa politik uang, serta pelaksaan pemilu sesuai peraturan perundang undangan.

Usai membacakan deklarasi pemilu damai dalam kesempatan itu, di lakukan pula penandatanganan pakta integritas oleh 18 ketua partai, forkopimda dan juga tokoh adat, tokoh masyarakat, kepala suku dan paguyuban di kabupaten manokwari.

Bupati manokwari dalam sambutannya pada deklarasi pemilu damai menyampaikan sesuai amanat uu no 7 tahun 2027 tentang pemilu serentak tinggal 10 hari lagi untuk menentukan masa depan dan negara, dengan memberikan hak suara guna menetukan pemimpin bangsa yang akan menerima mandat.

Untuk itu, seluruh proses pemilihan umum akan di tentukan dari komitmen bersama. Bupati hermus mengapresiasi seluruh peserta kontestan pemilu yang telah mendukung terciptanya stabilitas keamanan selama masa kampanye.

“Pemilu tahun 2024 di Manokwari kualitas dan, kesuksesan nya harus menjadi ditentukan oleh seluruh elemen masyarakat pemerintah daerah, forkopimda serta seluruh peserta pemilu,”Ucapnya

“Kepada seluruh kontestan pemilu yang sejak pembukaan masa kampanye telah ikut mendukung dan menjaga stabilitas keamanan, sehingga sampai pada deklarasi pemilu damai, Manokwari tetap dalam keadaan damai,”Ungkap Bupati Hermus menambahkan.

Lebih dari itu, Bupati juga berharap, bahwa deklarasi pemilu damai yang disampaikan secara bersama – sama, agar tidak hanya sebatas seremonial. Lebih daripada itu dapat di pertangungjawabkan dalam praktek politik hingga menuju bilik suara Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Hermus indou juga berharap, pada pemilu tahun 2024 ini tingkat partisipasi masyarakat harus mencapai 90 peresen bahkan 100 persen, dalam penentuan masa depan daerah. [AN/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *