DaerahGarda ManokwariGarda NusantaraGarda Papua BaratHeadline newsHUMANISNasional

‘Mutasi Kapolri’ Johnny Eddison Isir Kini Jabat Kapolda Papua Barat, Akan Terima Kenaikan pangkat Bintang Dua

MANOKWARI, gardapapua.com — Perombakan di tubuh Polri dilaksanakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Kapolri Sigit, melakukan mutasi sejumlah jabatan perwira tinggi (pati) Polri. Mutasi mulai dari Kakorlantas hingga sejumlah posisi Kapolda di wilayah Polda jajaran di Indonesia berganti. Hal itu tertuang dalam surat telegram Nomor ST/2750/XII/KEP./2023 tanggal 7 Desember 2023 yang ditandatangani oleh As SDM Irjen Dedi Prasetyo atas nama Kapolri.

Dalam mutasi Pati Polri itu, sosok Brigjen Pol. Johny Eddison Isir yang kini menjabat sebagai Karojianstra SOPS Polri, didapuk menjabat sebagai Kapolda Papua Barat.

Sosok lulusan Akpol semarang 1996 dan juga pernah menjabat Wakapolda Sulut itu, diketahui menggantikan Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga, S.H., M.A, yang mendapat amanah jabatan baru sebagai Kapolda NTT.

Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Pol. Adam Erwindi,S.I.K.,M.H membenarkan adanya pergantian Kapolda Papua Barat, berdasarkan STR Nomor: ST/2750/XII/KEP./2023.

“Untuk masalah serah terima masih menunggu informasi dari Mabes Polri,”Ujar Kabid Humas, Kombes Pol Adam Erwindi.

“Brigjen Pol. Johnny Eddison Isir, S.I.K., M.T.C.P sebelumnya menjabat Karojianstra SOPS Polri,”Tambahnya.

Dengan demikian, Brigjen Pol. Johnny Eddison Isir, S.I.K., M.T.C.P, yang atas amanah baru menjabat sebagai Kapolda Papua Barat, maka sudah tentu, sebagai orang Papua pertama yang menjadi lulusan terbaik Akademi Kepolisian atau penerima penghargaan Adhi Makayasa Tahun 1996, dan penerima penghargaan Anti Tanggap Tahun 1999, akan juga menerima kenaikan pangkat menjadi bintang dua, (Inspektur Jenderal atau Irjen).

Sebagaimana, Polda Papua Barat, merupakan Polda tergolong polda tipe A sejak 14 April 2020, karena itu dipimpin oleh seorang kepala kepolisian daerah yang berpangkat bintang dua atau (Inspektur Jenderal Polisi).

Mengukir prestasi :

Johnny Eddison Isir, S.I.K., M.T.C.P, diketahui sebelumnya, resmi menyandang jenderal bintang satu ini sejak 10 Agustus 2021 lalu. Pria kelahiran Jayapura, Papua, 7 Juni 1975, menerima kenaikan pangkatnya saat mengemban tugas sebagai Kapolrestabes Medan.

Johnny Eddison Isir juga sempat menjadi ajudan orang nomor 1 di Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam perjalanan karirnya, Johnny juga tercatat, pernah menjabat posisi Kapolres Jayawijaya, Kapolres Manokwari, Wadir Reskrimum Polda Banten, Dosen Utama STIK PTIK (2016).

Saat menjabat sebagai Kapolrestabes Surabaya, dan berpangkat Kombes Pol saat itu, Jhonny Eddison Isir, berhasil mengungkap kasus yang sempat mencuri perhatian publik dan viral dimedia sosial ‘Fetish Kain Jarik’, dengan korban sebanyak 25 orang. Kasus tindak pidana Fetish kain jarik itu terungkap dilakukan oleh (GA) seorang mahasiswa disalah satu perguruan tinggi di Surabaya, Jatim.

Jhonny Eddison Isir, juga pernah meraih Satya Lencana Seroja (1999), Satya Lencana 8 Tahun, Satya Lencana Dharma Nusa dan Satya Lencana 16 Tahun, atas berbagai gebrakan bagi anggota Polri di lingkungan pengabdian tugasnya. [TIM/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *