Danlantamal XIV Sorong Tinjau Lokasi Pos TNI AL Sorsel

TEMINABUAN, gardapapua.com — Komandan Pangkalan Utama TNI AL XIV Sorong Brigjen TNI (Mar) Hermanto,SE,MM bersama sejumlah Pejabat dilingkungan Lantamal XIV Sorong meninjau lokasi Pos TNI AL Sorong Selatan, Kamis (04/07) pagi yang terletak di kampung Wersar dan Tapiri Distrik Teminabuan.

Mendampingi Danlantamal XIV Sorong, Asrena Danlantamal XIV Kolonel Laut (E) Yesayas T.M.Silalahi,ST,MT, Dansatrol Lantamal XIV Kolonel Laut (P) Budi Santosa,SE, Dantim Intel Lantamal XIV Letkol Laut (E) Herry, S.T, M.T, M.Tr (Hanla), Danyonmarhanlan XIV Mayor Mar M. Ali Wardhana, S.E, M.Tr Opsla, serta Kasetum Lantamal XIV Kapten Laut(KH) Budi Sulistiyono.

Hadir dalam kegiatan ini Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggilui,SE,Wakil Bupati Sorong Selatan Drs Martinus Salamuk,Ketua DPRD Sorong Selatan Jevries N Kewetare,S.P,Kapolres Sorsel AKBP. Hans Rahmatuloh Irawan,SIK, serta Pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Sorong Selatan.

Danlantamal XIV Sorong Brigjen TNI Mar.Hermanto,SE,MM saat ditemui mengatakan bahwa kunjungan kali ini adalah pertama pihaknya ingin menjalin silahturahmi dengan Pemda Sorong Selatan.

Selain itu jelasnya. bahwa pihaknya telah lama melakukan koordinasi terkait rencana pembentukan Pos TNI AL di Kabupaten Sorong Selatan.

Dalam kunjungan kali ini merupakan tindak lanjut untuk melihat secara langsung lokasi berdirinya Pos TNi AL dan melihat sejauh mana tempat yang memenuhi syarat pendirian Pos TNi Angkatan Laut, di wilayah teritorial dan lingkup pemerintah daerah kabupaten sorong selatan.

Dimana setelah melakukan survey lapangan pihaknya secara teknis akan mendalami dan mengkaji kembali dan rapatkan secara kedalam agar dapat direalisasikan sehingga kedepan dapat didirikan sebuah PosTNI Angkatan Laut Sorong Selatan.

“ Pos TNI AL merupakan mata telinga TNI AL karena Sorong Selatan merupakan wilayah yang terdiri dari lautan dan di lokasi ini merupakan muara sungai dan telah dibangun berbagai sarana prasarana,berupa pelabuhan,talud,dan sarana pendukung lainya,”Ungkapnya

Selain itu ditambahkanya bahwa lokasi ini sangat strategis karena merupakan jalur laut utama sebagai jalur dan aktivitas warga setiap hari.

Senada, Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE saat ditemui mengatakan bahwa kunjungan Danlantamal XIV Sorong kali ini adalah untuk memenuhi janjinya berkunjung ke Sorong Selatan dan baru saja hari ini terlaksana sekaligus mengokohkan tali silahturahmi.

Bupati menambahkan bahwa Pemda Sorong Selatan telah melakukan kerjasama dalam rangka pembangunan pos pengawasan TNI AL Sorong Selatan dan telah disiapkan lahannya dan sementara ini akan menggunakan bangunan pos yang berada dilokasi kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Sorong Selatan.

Menurutnya pihaknya telah menganggarkan dana sebesar Rp 500 Juta untuk membangun pos TNI AL agar lebih bagus dan lebih luas lagi.

Dijelaskan dengan hadirnya TNI AL dapat memperkuat pemda Sorsel dalam mengawasi keberadaan kapal kapal yang melakukan aktifitas di wilayah hukum Sorong Selatan dan sejumlah aktifitas dibidang kelautan lainnya.

Demikian juga disampaikan Ketua DPRD Sorsel Jefries N Kewetare,SP menambahkan bahwa dengan hadirnya TNi AL di Sorong Selatan Pihaknya akan sangat memberikan dukungan penuh baik dari sisi anggaran maupun dari sisi kebijakan daerah.

Dalam kunjungan kali ini Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli,SE dan rombongan mendampingi Danlantamal melihat lokasi Pelabuhan Perikanan serta Pelabuhan Wersimar yang rencananya akan dibangun Pos TNI AL Sorong Selatan yang representative.

Sebelumnya digelar prosesi pertukaran cendera mata antara Pemkab Sorong Selatan dengan Danlantamal XIV Sorong yang digelar di resto Sagoe Hotel Mratuwa Teminabuan. [EB/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *