AdvertorialDaerahGarda ManokwariGarda NusantaraGarda Papua BaratHeadline newsOlahragaUncategorized

Segera Gelar Pelatda, KONI Papua Barat Target PON XXI Berada di Posisi ‘Papan Tengah Nasional’

MANOKWARI, gardapapua.com — Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua Barat diketahui segera mencanangkan dan menggelar pemusatan latihan daerah (Pelatda) untuk menghadapi ajang PON XXI tahun 2024, di Sumatera Utara dan Aceh.

Demikian hal ini telah ditetapkan dan diputuskan bersama dalam agenda rapat yang dilaksanakan pada senin (22/1/2024) bertempat di Gedung Kantor KONI Papua Barat, dengan menghadirkan para pengurus Pengprov Cabang Olahraga Provinsi Papua Barat yang telah tercatat lolos pada tahapan Pra PON.

” Jadi bersama pengurus Koni dan para pengurus Pengprov Cabor yang ada, kita sudah plenokan dan tetapkan semua program kerja bersama. Dengan demikian tanggal 21 Februari 2024 kita akan memulai pemusatan latihan daerah atau Pelatda, yang kita akan pusatkan di Manokwari. Namun jika pada cabor – cabor yang tidak ada lawan tanding di Manokwari, maka kita akan keluar. Kemudian di tanggal 23 Februari 2024, kita juga akan mengikuti pencanangan PON XXI Sumatera Utara dan di Aceh,”Ucap Ketua Umum KONI Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan,M.Si.

Dalam rapat ini turut hadir mendampingi ketua umum KONI Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan, M.Si adalah wakil ketua I KONI Papua Barat, Jhoni Saiba,S.H.,M.AP, Wakil ketua II Koni Papua Barat, Ronny Wabia,S.E, sekretaris KONI Papua Barat Hugo Warami dan ketua Satgas Puslatda PON XXI KONI Papua Barat.

“Harapannya gema ini agar Masyarakat juga mengetahui apa yang telah dilaksanakan dan diprogramkan oleh KONI Papua Barat, juga dapat mengetahui bahwa Cabor – cabor telah siap untuk mengikuti Pelatda dan pencanangan,”Kata Dominggus Mandacan, yang juga mantan Gubernur Papua Barat ini.

Dominggus lalu berharap, melalui pencanangan anggaran yang telah disepakati kirannya Pemprov Papua Barat sudah bisa mentransferkan ke rekening KONI Papua Barat, agar dalam persiapan Pelatda dan Pencanangan, KONI Papua Barat semakin siap untuk mengikuti rangkaian – rangkaian jadwal yang telah ditetapkan menuju PON XXI tahun 2024.

“Tujuannya, agar kiranya ketika penyerapan anggaran ini telah dilaksanakan dan mungkin kurang, maka biss secepatnya pengurus KONI Papua Barat membuat susunan kekurangan dimaksud untuk meminta bantuan dan perhatian Pemerintah Daerah Provinsi Papua Barat,”Ucapnya

“Kita juga lihat dari pendanaan yang ada masih jauh dari harapan. Meski demikian kami Koni papua barat mengucapkan terima kasih kepada Bapak Pj. Gubernur Papua Barat yang telah mengambil kebijakan dan membantu KONI Papua Barat dalam rangka mensukseskan pelaksanaan PON XXI di Aceh dan di Sumatera Utara. Selain itu, dengan harapan juga agar dana yang telah dibijaki atau sepakati ini bisa segera ditransferkan ke rekening KONI Papuw Barat, agar bersama Pengprov Cabor – cabor yang ada biss segera mengikuti segala tahapan dan jadwal yang telah ditetapkan dalam mensukseskan PON XXI tahun 2024 ini,”Sambungnya menuturkan.

Dirinya optimis, bahwa pelaksanaan PON Aceh-Sumut 2024 dapat berjalan sesuai dengan program yang telah direncanakan bersama. Karena itu, dukungan dari semua pihak secara khusus Pemerintah Daerah Papus Barat untuk kesuksesan kegiatan nasional ini, adalah hal yang penting.

Selain itu dengan kebutuhan anggaran PON yang diprediksi akan cukup besar, maka perlu menjadi perhatian serius bagaimana pengelolaannya akan menjadi perhatian serius sesuai raihan prestasi.

“Kita memang butuh anggaran sangat besar. Dimana dalam mensukseksan PON XXI ini, kita membutuhkan biaya berkisar Rp. 200 miliar. Sehingga harapannya sekitar Rp. 50 Miliar ini sudah bisa dibantu Pemerintah Provinsi Papua Barat, untuk bisa dimanfaatkan segera dalam menopang tahapan – tahapan yang sudah berjalan. Tentu jangan dilihat dari jumlah anggaran ini, namun efisiensi dan dukungan pemerintah kami apresiasi,”Terang Dominggus Mandacan

Sembari menambahkan, dengan segala kesiapan yang ada, Dominggus Mandacan mengimpikan posisi kontingen Papua Barat bisa bergeser ke papan tengah secara nasional dalam PON XXI Aceh – Sumut ini.

“Sekitar 25 Cabor yang telah lolos pra dan siap untuk mengikuti PON XXI Tahun 2024. Selain itu semua daerah, atau semua provinsi punya target. Kami Papua Barat juga punya. Target kita yang jelas tidak lagi di papan bawah, tetapi kita berusaha berada di papan tengah,”Tekad Dominggus Mandacan. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *