Aspirasi RakyatBudayaDaerahGarda Kaimana

Pasca Terpilih, Ketua BAMS Saireri Kaimana Komitmen Segera Programkan Langkah Kerja Strategis

KAIMANA, gardapapua.com – Dengan dipercayakan menjabat sebagai ketua Barisan Muda Saireri (BAMS) dalam Mubes Pertama Sareri yang dilakukan selama dua hari yakni 13 dan 14 Oktober 2023 lalu, langkah kerja selanjutnya yakni membentuk struktur dan menyusun program kerja yang seiring dengan visi dan misi pemerintah daerah saat ini.

“Program kerja kami kedepan yang kami rencanakan, adalah melengkapi struktur yang ada. Kemudian daripada itu, kami akan melakukan rapat kerja, untuk bagaimana membuat program sesuai dengan visi dan misi pemerintah kabupaten kaimana saat ini,”Ujar Ketua terpilih BAMS Kaimana, Brian Rumi.

Masih pada kesempatan itu, Ketua Bams Kaimana Brian Rumi mengatakan bahwa berbicara soal wilayah Adat Saireri, maka lanjut dijelaskan Wilayah Aadat Saireri merupakan posisi wilayah kedua yaitu yang meliputi Kabupaten biak numfor, supiori, yapen, waropen, dan Kabupaten mamberomo, nabire dan Kabupaten wondama.

“Tetapi yang hari ini konteks yang kami lakukan adalah konteksnya rumpun saireri, yakni kepulauan yapen dan waropen yang dipisahkan oleh selat sireri,”Ujarnya.

Oleh karena itu, dirinya tetap melaksanakan musyawarah untuk rumpun saireri di kaimana, yang diharapkan dengan menyatukan anak – anak saireri yang berada di wilayah adat di seluruh kabupaten se-tanah papua, maka diharapkan semua anak – anak saireri dapat terus maksimal berjalan.

“Secara administarsi pemerintahan, dikatakan Brian ada 7 suku, di Waropen, penyebaran 3 wilayah dimulai dari waropen ronari yakni Mamberamo sampai dengan Wonti, wonti sampai Wapoga (Waropen kai) Wapoga – Maberamo adalah waropen Ambumi,”Terangnya

“Sehingga kalau di distrik Ambumi di Wondama itu bagian dari kami. kenapa begitu ? Karena ada penyebaran marga-marga yakni Sawaki, Ayomi dan lain-lain, dan kalau di waropen ada kampung risei maka di wondama juga ada rasei,”Sebutnya menambahkan.

Dia berharap, agar sebagai penerus bangsa dalam hal meramu dengan baik hak – hak adat, kedepan dapat membesarkan kerja – kerja organisasi.

“Saya sangat berharap Ketika kami terbentuk, siapapun yang ada diwilayah yang tadi saya sebutkan, mari kita merapat untuk secara bersama-bersama membesarkan organisasi ini sesuai dengan program kerja yang akan kami buat kedepan,”Jelasnya

“Dan saya atas nama pribadi mengucapkan terimakasih semua kelaurga besar Sairer dan terlebih khusus kepada anak anak mudah Sairera yang telah mempervauakan saya sebagai ketua Barisan mudah Sairera Kaimana,”Tutupnya menegaskan. [TIM/RED]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *