DaerahGarda Papua BaratGarda Teluk BintuniHeadline newsRegional

Perjuangan Inspiratif, Kp. Banjar Ausoy Teluk Bintuni Raih Juara III Lomba Desa Tk. Regional 2023

BINTUNI, gardapapua.com — Kampung Banjar Ausoy, Distrik Manimeri, Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat, diketahui mampu menorehkan prestasi gemilang dan inspiratif.

Kampung Banjar Ausoy, berhasil meraih gelar Juara tiga (III), pada Lomba Desa Tingkat Regional 2023 di Wilayah 4, yang meliputi Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

Sekretaris Kampung Banjar Ausoy, Agus Nurudin, kepada sejumlah awak media di Teluk Bintuni, menjelaskan, bahwa berhasilnya Kampung Banjar Ausoy mearih penghargaan tersebut atas dedikasi masyarakatnya dalam mengembangkan pemerintahan desa.

” Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Bina Pemdes Kemendagri) memberikan penghargaan kepada 12 desa dan 12 kelurahan yang mencapai peringkat juara di seluruh Indonesia, termasuk Kampung Banjar Ausoy, ”Jelas Agus Nurudin, saat dihubungi wartawan media ini, Jum’at malam (25/8/2023).

Agus Nurudin menjelaskan bahwa penghargaan ini diberikan setelah melalui penilaian oleh para moderator dan tim penilai / juri secara obyektif, dan jujur.

Adapun tim penilai / juri tersebut terdiri dari para perwakilan akademisi dan kementerian/lembaga terkait. Dan prosesi penyerahan penghargaan dilakukan secara langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, dalam acara Temu Karya Nasional (TKN) di Hotel Discovery, Ancol, Jakarta, pada 15 Agustus 2023.

Prestasi ini juga merupakan bagian dari Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD), yang merupakan hasil kerja sama antara pemerintah Indonesia dan Bank Dunia (World Bank).

“Atas prestasi ini tentu menjadi sebuah kebanggan. Dan meskipun kepala kampung masih berada di Pulau Jawa karena urusan tertentu, namun rencananya kita akan mengadakan syukuran untuk merayakan keberhasilan ini. Jadi begitu kepala kampung tiba di kampung Banjar Ausoy, Kabupaten Teluk Bintuni, kita laksanakan,”Jelasnya lewat sambungan seluler.

Dia lalu mengucapkan rasa syukur dan mengapresiasi kepada semua pihak yang telah membantu dan membimbing Desa / Kp. Banjar Ausoy, melakukan langkah – langkah inovatof dan inspiratif dalam pemerintahan tingkat kampung yang lebih baik kedepannya. [TIM/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *