Aspirasi RakyatBudayaDaerahGarda JayapuraGarda NusantaraSudut Pandang

Herman Yoku Nilai Antongan Simatupang, Layak Jabat Pj. Gubernur Papua, Ini Penjelasannya !

JAYAPURA, gardapapua.com — Herman Yoku, S.IP selaku Kepala Suku Besar Wilayah sekaligus Ketua Dewan Adat Suku Besar Wikaya So Yoskamto, Kabupaten Keerom, Papua, menyatakan sikap bersama masyarakat Keerom dan masyarakat Grime Nawa meminta kepada Pemerintah Pusat untuk menetapkan Laksamana Muda TNI (Purn) Antongan Simatupang, M.Tar., Opsia (Staf Ahli Bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman Kemenko Polhukam RI) sebagai Penjabat Gubernur Papua.

Dia menilai sosok Antongan Simatupang, M.Tar., Opsia (Staf Ahli Bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman Kemenko Polhukam RI) memiliki kapasitas dan kapabilitas serta pengalaman yang mumpuni.

“Masyarakat mereka minta dan pesan kepada saya segera dan secepatnya untuk menyampaikan aspirasi-aspirasi kami kepada DPR Papua, dan Pemerintah Pusat melalui DPR RI dan Menteri Dalam Negeri dan bapak Presiden untuk bapak Laksamana Muda TNI (Purn) Antongan Simatupang, M.Tar., Opsia agar segera dilantik sebagai Penjabat Gubernur Papua, itu pesan masyarakat bukan saya pribadi, bukan keinginan saya tapi dari masyarakat Grime Nawa dan masyarakat Keerom, itu pesan mereka sudah dua bulan lalu dan hari ini saya sampaikan tegas dalam surat saya sudah jelas saya tulis disini,”Ujar Herman Yoku dalam keterangannya.

Dikatakannya, Laksamana Muda TNI (Purn) Antongan Simatupang, M.Tar., Opsia adalah sosok yang tepat menjadi Penjabat Gubernur Papua sesuai dengan keinginan aspirasi masyarakat dua wilayah adat Grime Nawa dan Keerom.

“Jangan melihat perbatasan. Saya bertanggung jawab atas masyarakat saya, segera mengisi Penjabat Gubernur Papua yang baru yaitu bapak Laksamana Muda TNI (Purn) Antongan Simatupang, M.Tar., Opsia, itu pesan saya dan saya tegaskan, terima kasih,”Cetusnya

“Ketua DPR saya harap agar mengakomodir nama bapak Laksamana Muda Antongan Simatupang itu aspirasi yang masyarakat sudah sampaikan kepada saya,”Sambungnya menambahkan.

Berikut jenjang Laksamana Muda TNI (Purn) Antongan Simatupang, M.Tar., Opsia : (Lahir di Sibolga, dan sejak usia 5 bulan sudah hidup, tumbuh menjadi dewasa di daerah Karang Panas, Biak.

Beliau menjadi alumnus Akademi Angkatan Laut angkatan ke- XXXV/tahun 1989. Orang tuanya, adalah Opung Henery Simatupang adalah Kepala Kantor Agama pertama di tanah papua.

Saat ini ia menjabat, Staf Ahli Menko Polhukam Bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman.

Dalam perjalanan karirnya, Laksamana Muda TNI (Purn) Antongan Simatupang, M.Tar.,Opsia pernah menjabat sebagai :
– Komandan Lanal Sorong
– Aster Guspurlatim (2012)
– Paban I/Ren Spamal
– Dankorsis Sesko TNI (2016)
– Waaspam Kasal (2017)
– Komandan Lantamal IX/Ambon (2018)
– Dirdok Kodiklatal (2019)

[TIM/IST/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *