DaerahGarda ManokwariGarda NusantaraGarda Papua BaratGaya HidupHeadline newsHUMANISNasionalSudut Pandang

Personel Satlantas dan Humas Polres Manokwari Dibekali Pelatihan Dasar Jurnalistik

MANOKWARI, gardapapua.com —- Dalam rangka meningkatkan penguatan metode membuat kerangka rilis yang benar, Personel Satuan Lalu Lantas (Satlantas) dan Humas jajaran kepolisian yang bertugas di Polres Manokwari, melaksanakan kegiatan pelatihan Dasar – Dasar Jurnalistik bertempat di halaman D’Cafe Satlantas, pada Jumat (18/2/2022).

Kegiatan penguatan metode dasar jurnalistik ini merupakan bagian agar personel Polri di Polres Manokwari semakin profesional dan mampu membekali tugas kehumasannya sesuai dengan kaidah jurnalistik.

Hal ini agar Personel tetap memenuhi kaidah jurnalistik dan mampu menyajikan informasi yang bisa memberikan edukasi bagi masyarakat. Kegiatan pelatihan terlaksana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19, dibuka dengan resmi oleh Kapolres Manokwari AKBP Parasian Herman Gultom, melalui Kasat Lantas Polres Manokwari, IPTU Subhan S. Ohoimas.

“Pelaksanaan kegiatan ini dengan harapan setiap personel sudah lebih profesional dalam rangka menulis siaran pers atau berita dengan baik. Minimal memahami dasar – dasar jurnalistik. Tujuannya agar dapat menulis terkait dengan pemberitaan yang ditemukan di lapangan,” Ungkap Kasat lantas IPTU Subhan S. Ohoimas, saat memberikan sambutan.

Diharapkan juga, melalui sinergitas dan kerjasama yang telah terjalin dengan wartawan atau Pekerja Pers di wilayah Manokwari dapat terus dimaksimalkan dengan baik.

“Karena berkali – kali telah saya sampaikan bahwa percuma kita buat banyak kegiatan namun tidak terpublish dengan baik. Karena orang lain belum tentu dapat melihat apa yang kita kerjakan kalau tidak terberitakan dengan baik. Dengan berita jujur saya berterima kasih karena program kerja Kasat Lantas bisa terlihat dengan baik. Artinya apa yang dilaksanakan minimal tersampaikan kepada unsur pimpinan kita dan bisa diketahui masyarakat,” Bebernya

Sementara itu, Dewan Kehormatan PWI Papua Barat, dan juga selaku Kepala Biro Antara Papua Barat, Tokan Key Abdul Azis menuturkan bahwa apa yang telah dibagikan dalam pelatihan singkat dasar – dasar kaidah jurnalistik ini, para Anggota Humas dan Personel Satlantas Polres Manokwari mampu mengembangkan kreativitas dalam hal menyusun sebuah narasi siaran pers yang benar, sesuai aturan baku 5W+1H.

Seperti diketahui, 5W+1H atau yang disederhanakan menjadi SADIKAMEGA (Siapa, Apa, Dimana, Kapan, Mengapa, Bagaimana), adalah sebuah metode yang dilakukan guna mendapatkan informasi secara lebih kaya dan mendalam, untuk merangkai sebuah kata menjadi kalimat dalam sebuah naskah berita dalam produk jurnalistik.

“Tujuan dan harapan kami tak lain, agar teman – teman khususnya di bagian kehumasannya dapat lebih memperkaya data yang dituangkan dalam siaran pers, ketika berada di suatu tempat kegiatan,” Tukasnya. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *