Bangun Gedung Gereja dan Rumah Warga Di Sorsel, “Terima Kasih TNI”

TEMINABUAN, gardapapua.com — Komandan Komando Resort Militer (Korem) 181 Praja Vira Tama Brigjen TNI Ignatius Yogo Triyono SH menutup Operasi Tertorial (Opster) TNI Tahun 2019 yang dilaksanakan oleh  Kodim 1802/ Sorong dikampung Tarof Distrik Kokoda dan kampung UKA distrik Kokoda Utara Kabupaten Sorong Selatan (Jumad,12/04) bertempat dihalaman gedung gereja GKI Maranatha Udagaga Diatrik Kokoda Utara.

Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE dalam sambutanya yang dibawakan oleh Asisiten 3 Bidang Administrasi umum menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para prajurit TNI yang telah melaksanakan pembangunan infrastruktur dasar di sejumlah kampung di wilayah distrik Kokoda dan Kokoda utara di kabupaten Sorong Selatan.

” Kami Pemda sangat berterima kasih atas dukungan pembangunan infrastruktur gedung gereja dan rumah warga melalui operasi teritorial TNI Masuk desa tahun 2019 di dua distrik Kabupaten Sorsel, “Ucap Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE.

Ia laku meminta agar warga yang telah merasakan sentuhan perhatian pembangunan tersebut, dapat memanfaatkan dan menempati perumahan yang telah di bangun serta hendaknya merawat bangunan rumah layak huni dan gedung gereja dengan baik.

Kesempatan itu juga, Bupati Anggiluli mengharapkan, agar putra-putri Kabupaten Sorong Selatan dapat direkrut setiap tahun penerimaannya menjadi abdi negara melalui kemiliteran pasukan Tentara Nasional Indonesia – Angkatan Darat (TNI – AD) .

” Saya juga meminta kepada TNI agar dapat merekrut putra putri kabupaten Sorong Selatan menjadi bagian dari TNI AD,”Harap Bupati.

Hadir dalam acara ini Ketua DPRD Provinsi Papua Barat Pieter Konjol,SE,MM, Ketua DPRD Sorong Selatan Jevries N Kewetare,SP, Asisten 3 Setda Kab Sorsel H.M Aris,SKM,M.Kes, Kolonel.Inf Muhamad.Husni ( Kakor Sahli Pangdam XVIII/KSR ),Kolonel Inf Andi.Ali ( Aslog Kasdam XVIII/ KSR,Kolonel Inf.Andi.Gus. ( Kapendam XVIII/KSR ),Kolonel Kav.Alosius Nugroho ,S.Sos, S.E.M.M ( Aslog Kasdam XVIII/KSR ) ,Kolonel Inf. Albert Panjaitan ( Kasi intel rem 181/PVT ),Kolonel Kav. Susanto Dwi Asmoro ( Kasilog Korem 181/PVT),Kolonel Inf Luhut.Binsar.Sibadariba ( Kasiter Rem 181/ PVT,Letkol inf Andar D Panggabean S.I.P ( Dandim 1802 / Sorong ),Letkol CKM. Adrianus.Ayomi. ( Dandenkesyah 04.01 Rem 181/ PVT ),Mayor Mar Dodi.Hairudin Siregar ( Paban Ops Pasmar III/ Sorong ),Bpk Rajab.Kasirah ( Kementrian Agama Kabupaten sorsel ) Kepala Distrik Kokoda Husain Totarago,SIP

Sebelumnya, rangkaian kegiatan penutupan itu, diawali dengan upacara serta dilanjutkan prosesi ibadah singkat yang dipimpin oleh Dominggus Taune Guru Jemaat GKI Maranatha udagaga dan ikuti oleh ratusan warga berasal dari kampung udagaga, Kayobiro, dan Adona.

Panglima Kodam XVIII Kasuari Mayor Jenderal TNI Jopye Onesimus Wayangkau dalam sambutanya yang dibacakan oleh Danrem 181 PVT Sorong Brigjen TNI Ignatius Yogo Triyono SH memberikan pesan kepada jemaat Maranatha Udagaga Kokoda utara diantaranya adalah agar warga mengggunakan gedung gereja ini sebagai sarana pendekatan diri kepada Tuhan Yesus Kristus, memanfaatkan gereja dan selalu terbuka untuk umum sebagai sarana menjalin keharmonisan hubungan antar umat beragama, warga juga diminta untuk memelihara dan menjaga rumah Allah ini karena gereja merupakan rumah kehormatan dan kemuliaan Allah, serta menyampaikan ucapan terimah kasih  dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada  semua pihak yang telah mendukung suksesnya  pembangunan gedung gereja ini.

Danrem juga dalam wawancaranya menjelaskan bahwa Operasi territorial sendiri telah berlangsung sejak 12 Februari 2019 hingga 12 April 2019 yang mana pihaknya telah membangun satu buah Gedung Gereja yang megah dengan konstruksi kayu yaitu Gereja GKI  Maranatha Udagaga Klasis Imekko yang terletak diDistrik Kokoda Utara.

Selain itu dalam opster ini pihaknya juga telah membangun perumahan layak Huni  sebanyak 20 unit rumah dikampung Tarof dan Nebes dan sudah selesai 100 persen dan semoga rumah yang dibangun  ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Dalam kesempatan ini juga  digelar sejumlah seremonial diantarnya peresmian penggunaan gedung gereja GKI Marantha Udagaga, yang ditandai dengan pembukaan selubung papan nama gedung gereja, penyerahan kunci gereja,serta penyerahan bantuan  dari pihak TNI AD kepada warga jemaat berupa Sound System, Genset, Alkitab, Kursi Plastik, serta Profil Tank Air. [EB/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *