Wagub Lakotani Serahkan Simbolis Kartu UKW dan UKBI Hasil Kompetensi Wartawan

MANOKWARI, gardapapua.com – Puluhan Wartawan berbagai media di Manokwari bersilaturahmi dengan Wakil Gubernur Papua Barat Moh. Lakotani, senin (15/4/2019) diruang kerjanya.

Didampingi Asisten I dan biro pemerintahan, serta protokoler humas setprov papua barat, wakil gubernur Moh. Lakotani pada kesempatan itu didaulat menyerahkan secara simbolis kartu hasil Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan Sertifikat Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI).

Ketua Forum Jurnalis Papua Barat, Laode Mursidin mengatakan, bahws tercatat ada sekitar 26 anggota wartawan yang mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) baik tingkat Muda, Madya maupun Utama, dari Dewan Pers kerjasama oleh Lembaga Pendidikan Jurnalistik (LPJ) Antara, Jakarta.

Ia pun menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Papua Barat sebab berkat bantuan pendanaan kerjasama tersebut, ke 26 anggota wartawan yang berasal dari media Online (Cyber), Televisi, Radio, dan Cetak di Papua Barat mampu mendapatkan pengakuan sebagai wartawan berkompoten di Papua Barat.

Dengan penyerahaan ini, jumlah wartawan Papua Barat yang berkompeten sebagai pemegang kartu Uji Kompetensi Wartawan) (UKW) terus bertambah. Sebelumnya, puluhan wartawan lainnya pun telah mendapatkan pengakuan dewan pers yang sama, melalui pelaksanan program uji kompetensi yang digelar organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Papua Barat, di Manokwari.

‘’Harapan kami pemerintah Provinsi Papua Barat terus menjadi mitra dengan media di Papua Barat. Dan jalinan kerjasama dapat terus berlanjut dari tahun ke tahun, guna meningkatkan sinergitas kemitraan ini,’’ Harap Mursidin yang juga sebagai wartawan/Kabiro Manokwari media Radar Sorong, di Manokwari.

La ode Mursidin dan Wagub Moh Lakotani (Ft/ian-garda)

Kesempatan itu, Wagub Moh. Lakotani mengatakan bahwa ia sangat mengapresiasi para wartawan yang telah dinyatakan lulus dalam UKW tersebut.

Dengan begitu maka wawasannya semakin baik dalam memberikan pemberitaan, dan menjadi sarana referensi informasi bagi masyarakat yang benar – benar berkualitas.

Wagub Lakotani juga mengatakan, bahwa Wartawan sebagai mitra agar dalam menyampaijan kepada publik dan mengupdate suatu informasi untuk disampaikan ke publik, agar dapat bekerja sesuai tupoksinya sebagai kontrol sosial yang benar – benar memahami baik tugasnya sebagai kontrol sosial.

Sehingga, tugas – tugas pemerintahan bisa semakin efektif dari waktu ke waktu mampu dipahami baik oleh masyarakat luas melalui olahan penyampaian informasi tersebut sesuai karakteristik medianya masing – masing.

” Bagi teman – teman yang telah lulus melalui hasil dan kesempatan ini, pesan saya kiranya apa yang telah di dapat ini, mampu bertanggung jawab pada diri sendiri dan kepada publik. Oleh karena itu bekerjalah sebagai wartawan yang profesional. Mari kita bersama sampaikan apa yang menjadi hak publik secara luas, dengan baik dan sesuai tupoksi dan aturannya, “Harap Wagub Lakotani

“ Tentu sertifikasi ini menunjukkan profesionalisme wartawan dalam rangka memberikan informasi kepada masyarakat,”Tambahnya menuturkan

Dengan sertifikasi itu setidaknya telah menunjukan kualitas dan kompetensi para perwarta yang bertugas di Papua Barat, secara khusus di Ibukota Provinsi, Manokwari.

Wagub Lakotani pun berkeinginan kedepan organisasi wartawan di Papua Barat dapat terus memberikan kontribusi positif bagi kemajuan bangsa.

Sebelumnya sekitar 26 wartawan yang dinyatakan lulus dan dianggap berkompeten sebagai wartawan oleh tim penguji UKW dan UKBI itu di gelar oleh Forum Wartawan Papua Barat kerjasama dengan Pemda Provinsi Papua Barat medio 20-23 September 2018 lalu di Makassar. [KK/Ian]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *