209 Nelayan di Sorsel Terima Sertifkat Pas Kecil dan BPKP

TEMINABUAN, gardapapua.com — 209 Nelayan didua (2) distrik yakni Distrik Konda dan distrik Inanwatan Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) Provinsi Papua Barat Senin (18/02), bertempat di halaman kantor Dinas Perikanan Kelautan Kabupaten Sorong Selatan Wersar Teminabuan menerima
secara simbolis Pas Kecil Nelayan dan Bukti Pencatatan Kapal Perikanan (BPKP) yang diberikan secara langsung oleh Wakil Bupati Sorong Selatan Drs Martinus Salamuk.

Turut hadir dalam acara ini Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua Barat yang diwakili oleh Zulkifli Henan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Papua Barat Bambang Atmoko, Dinas Perikanan Kelautan kabupaten Sorong Selatan Isak Meres SH,MSi, Unit Penyelenggara Pelabuhan Sorong Selatan Marthen Naa, dan Koordinator Papua Barat WWF-Indonesia USAID SEA Project Irwanto, Kasat Polairud Polres Sorong Selatan IPDA Tabaga Agustinus.

Wakil Bupati Sorong Selatan Drs Marthinus Salamuk dalam sambutannya mengatakan, bahwa program perikanan berkelanjutan melalui pembentukan kawasan konservasi perairan dikabupaten Sorong Selatan Provinsi Papua Barat diupayakan agar didukung oleh aktifitas perikanan tangkap yang teratur dan terukur serta tersertifikasi.

Hal ini dalam upaya mendukung secara teknis program SIMKADA di Sorong Selatan ,WWF Indonesia mencoba melakukan proses prosesnya dengan memfokuskan pada 2 lokasi target yaitu Distrik Konda dan Distrik Inanwatan .menurutnya kedua lokasi tersebut telah memiliki banyak informasi terkait jumlah nelayan dan aktifitas perikanan yang sangat tinggi dibandingkan dengan wilayah lain dan merupakan lokasi utama pelaksanaan pendataan harian perikanan di Provinsi Papua Barat .

Dukungan Program SIMKADA di Sorong Selatan saat ini telah dilakukan mulai dari Sosialisasi Program SIMKADA sekaligus tatacara dan tahapan registrasi kapal,cek fisik kapal dan alat tangkap perikanan bagi pemilik kapal yang telah memenuhi persyaratan.

“Jumlah kapal yang telah diregistrasi sebanyak 128 di distrik Konda dan sebanyak 81 di Distrik Inanwatan. hingga dilaksanakan kegiatan hari ini sejumlah dokumen tersebut akan diserahkan kepada masing masing pemilik kapal untuk telah sampai pada proses penerbitan dokumen Pas Kecil dan Bukti Pencatatan Kapal Perikanan (BPKP),”Ujar Wakil Bupati Sorong Selatan Drs Marthinus Salamuk.

Wabup Salamuk, juga menyampaikan terima kasih atas keterlibatan semua pihak dalam mensukseskan program SIMKADA ini terutama Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua Barat, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Papua Barat, Dinas Perikanan Kelautan kabupaten Sorong Selatan, Kesyabandaran dan otoritas Pelabuhan Sorong/Manokwari unit Penyelenggara Pelabuhan Sorong Selatan, dan USAID SEA Project, WWF-Indonesia berkat upaya kolaborasi yang luar biasa serta kerja kerasnya pada proses SIMKADA sejak dari persiapan Teknis, koordinasi, Sosialisasi, Cek Fisik Kapal, dan alat tangkap perikanan, penerbitan PasKecil, penerbitan Bukti Pencatatan Kapal Perikanan (BPKP) dan penyerahan Dokumen. [Red/EB]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *