Milad HPN 2019, Peran Pers Di Hati Masyarakat Memudar?

MANOKWARI, gardapapua.com — Ketua Solidaritas Pekerja Serikat Pers Papua Barat Gustavo Wanma mengungkapkan, peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang telah menjadi rutinintas tahunan baiknya jangan memudar pelaksanaannya juga di tingkat daerah.

Kepada gardapapua.com Gustavo Wanma didampaingi Takdir salah seorang wartawan senior di Papua Barat dalam diskusi singkat, Sabtu, (8/2/2019) mengharapkan, semestinya peran dan kinerja pers dalam setiap Momen peringatan pers ini mestinya semakin di kuatkan dalam solidaritas bhakti sosial sebagai bagian mendekatkan diri dengan masyarakat, terutama pada peranan pers ditingkat Daerah.

Menurut Gustavo, yang juga Mantan ketua pelaksana HPN tahun 2017 lalu di Manokwari Raya ini menjelaskan, jika dibiarkan dan jarang digelorakan makna Hari Pers Nasional itu, dikuatirkan kedepan peran dan fungsi pers bakal kehilangan tempat dihati maayarakat.

” Pers adalah instrumen paling baik dalam pencerahan dan meningkatkan kualitas manusia sebagai makhluk rasional, moral dan sosial, “Ucap Gustavo Wanma

” Sehingga jangan salah ketika besok – besok kepercayaan masyarakat terhadap pers itu memudar atau menghilang. Masyarakat hingga saat ini belum paham secara baik pemahaman apa yang dimaksud dengab kerja – kerja pers. Sehingga kegiatan – kegiatan pers baiknya bukan saja diselenggarakan pada tingkat nasional, namun ditingkat lokal atau daerahpun haruslah ada dan digerakan. Caranya dengan mendekatkan diri kita dengan masyarakat melalui bhakti aksi sosial,”Tambahnya didampingi Takdir.

Senada diungkapkan Takdir, Sehingga dalam moment Hari Pers Nasional (HPN) yang merupakan agenda rutin setiap tahunnya, mampu dibalut dengan kegiatan kerakyatan dan menjangkau semua sisi kehidupan sosial masyarakat. Tujuannya, agar hari dan semangat Pers dalam tugas kewartawanan itu dapat dikenang dan diingat bahwa peran pers dalam kekompakan menggerakan sistem kontrol sosial publiknya semakin profesional dinilai oleh masyarakat luas.

” Karena sebagian besar masyarakat masih percaya pers. Karena menurut mereka peran pers untuk mengontrol, megawasi setiap kegiatan pembangunan daerah dalam mengolah serta menyampaikan informasi sangatlah penting,”Imbuh Takdir Wartawan senior itu, yang juga selaku wakil direktur media Arfaknews.com.

Dari Hari Pers Nasional (HPN) 2019 yang bercirikan dan menunjukkan adat, budaya, sesuai tema “Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital” dapat menjadi instrumen bentuk komitmen mendukung pengembangan UMKM di Indonesia.

Gustavo juga berpesan, agar hasil dari pelaksanaan HPN 2019 di surabaya dan diikuti perwakilan wartawan yang ada, seketika kembali disetiap daerah dapat turut membagi pengalamannya sebagai sarana penguatan pers bersama di tingkat daerah.

” harapannya ketika beberapa perwakilan teman – teman wartawan yang mengikuti kegiatan HPN 2019 di Surabaya, Jawa timur agar apa yang telah didapatkan melalui keputusan bersama di momentum HPN 2019 itu seketika pulang dan kembali ke Manokwari dapat turut mensosialisasikan berbagai hal tersebut dan menerapkannya dalam progra kerja merangkul para wartawan yang ada di Manokwari khususnya, “Tandasnya. [ian]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *