DaerahGarda ManokwariGarda Papua BaratHeadline newsNasionalPolitik

Waterpauw Resmi Purna Tugas, Mendagri Lantik Ali Baham Temongmere jadi Penjabat Gubernur Papua Barat

MANOKWARI, gardapapua.com — Sehari sesudah dilantik oleh Pj. Gubernur Papua Barat, Drs. Paulus Waterpauw, M.Si, di gedung A Kemendagri, Jakarta, Selasa (31/10/2023) pukul 09.00 Wit sebagai Sekda Devinitif Papua Barat, Drs. H. Ali Baham Temongmere,M.TP, kembali resmi dilantik menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Drs. H. Ali Baham Temongmere,M.TP, dipilih berdasarkan usulan tiga nama sebelumnya untuk menggantikan Pj. Gubernur Papua Barat, Drs. Paulus Waterpauw, M.Si, yang purna tugas.

Kegiatan pelantikan tersebut dilaksanakan bertempat di Sasana Bhakti Praja (SBP) Lantai 3 Gedung C, Kemendagri JI. Medan Merdeka Utara No. 7 Jakarta Pusat, Senin (1/11/2023), pukul 08.00 wib – selesai.

Demikian hal ini berdasarkan petikan Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor : 104/P/Tahun 2023, tentang pemberhentian dan pengangkatan pejabat Gubernur Papua Barat. Sebelumnya keputusan tersebut telah ditetapkan di jakarta pada tanggal 31 Oktober 2023, dan ditandatangani oleh Presiden Indonesia RI Joko Widodo.

Dalam prosesi pelantikan itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, B.A., M.A., Ph.D, melaksanakan Penandatanganan Fakta Integritas kemudian penyamatan tanda jabatan, kepada Drs. H. Ali Baham Temongmere,M.TP, selaku Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat yang baru.

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan pelantikan Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Papua Barat dari Ny. Roma Megawanti P Waterpauw, S.Kom, M.Si, kepada Ny. Siti Mardiana, SE, oleh Ketua Umum TP PKK Tri Tito Karnavian. Pelantikan ini berdasarkan surat keputusan nomor 022/Kep/PKK/P.IST/X/2023.

Usai melantik Pj. Gubernur Papua Barat, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, menyampaikan ucapan selamat kepada Penjabat Gubernur yang baru saja dilantik.

“Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat yang maha kuasa ALLAH SWT dan taufiqnya, pada hari ini Rabu 1 November 2023, saya menteri dalam negeri atas nama Presiden Republik Indonesia dengan resmi melantik Drs. H. Ali Baham Tamongmere, M.TP, sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat berdasarkan putusan presiden republik indonesia nomor 104/P/2023 tanggal 31 Oktober 2023, tentang pemberhentian dan pengangkatan Penjabat Gubernur Papua Barat. Saya percaya bahwa saudara bisa melaksanakan tugas dengan sebaik – baiknya sesuai tanggung jawab diberikan,”Kata Mendagri Muhammad Tito Karnavian.

Mendagri Tito menitipkan beberapa pesan terkait pembangunan yang harus dilanjutkan dalam masa pelaksanaan tugas hingga terpilihnya pejabat gubernur dan wakil gubernur definitif tahun depan.

Selain itu, diharapkan agar kepada Pj. Gubernur Papua Barat yang baru dilantik, secepatnya dapat membangun komunikasi yang baik dengan para Forkompimda di daerah dan para Bupati diwilayah se-Papua Barat, serta mengembangkan sinergitas dengan Program dan Kebijakan dari Pemerintah Pusat, dengan tujuan membuat progran kebijakan kesejahteraan bagi Masyarakat Papua Barat. [TIM/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *