DaerahGarda ManokwariGarda Papua BaratHeadline newsNasionalPolitik

Ketua Bawaslu Manokwari : ‘Pentingnya Peran Stakeholders dan Pers Dalam Mengawal Proses Pemilu serentak 2024’

MANOKWARI, gardapapua.com — Selain Peran dari unsur Pemerintah Daerah, TNI/Polri, unsur media masa (pers) juga diharapkan dapat serius memberikan peran aktifnya menyukseskan penyelenggaraan pemilu yang pemungutan suaranya jatuh pada 14 Februari 2024. Dimana kini, para lembaga penyelenggara telah diperhadapkan melalui beberapa tahapan.

“Saya menekankan bahwa suksesinya perjalanan Demokrasi Pemilu serentak 2024, bukan saja menjadi tanggung jawab Penyelenggara dalam hal ini KPU dan Bawaslu. Tetapi semua stakeholder terkait, terutama adalah peran serta teman – teman media yang juga merupakan corong demokrasi bangsa,”Ungkap Ketua Bawaslu Kabupaten Manokwari, Yustinus Y. Maturan, Rabu (25/10/2023), kemarin.

Untuk itu, mantan jurnalis ini kembali mengajak, kepada sejumlah elemen untuk turut serta mengawal proses jalannya tahapan yang saat ini sedang berlangsung. Yustinus berharap, dengan status Aman 1 Manokwari, Pemilu 2024 bisa berjalan sukses tanpa ada sengketa. Pemilu 2024 juga diharapkan tidak ada gangguan yang bisa merusak stabilitas keamanan di daerah.

“Mari kita bersama sukseskan perjalanan Pemilu ini yang sejuk, damai, berkualitas dan bermartabat. Terkait itu yang paling penting juga, harapannya sosialisasi Peraturan Bawaslu (Perbawaslu) Nomor 5 Tahun 2022 tentang Pengawasan Penyelenggaraan Pemilihan Umum, dapat dipahami dengan baik oleh seluruh lapisan Masyarakat,”Ujar Yustinus.

Oleh karenanya kerjasama, partisipasi sebagai upaya memaksimalkan kinerja Bawaslu melalui langkah-langkah pencegahan dan pengawasan dalam mencegah timbulnya aksi – aksi pelanggaran pemilu, sangat diperlukan. Tujuannya juga, agar tahapan penyelenggaraan pemilu dapat berjalan dengan baik.

“Jadi perlu diketahui, kami Bawaslu dalam bertindak tetap berjalan sesuai mekanisme. Dimana dalam bentuk Pengawasan, Pencegahan, Penindakan. Dimana dalan upaya pengawasan ini kami laksanakan sebagai upaya motorik mendorong tercapainya upaya pencegahan pelanggaran pemilu terjadi,”Sebutnya

“Sehingga kami meminta bantuan – bantuan dari teman – teman wartawan agar tolong bantu kami Bawaslu ciptakan pemberitaan yang edukatif tentang pemilu damai ini. Salah satunya, agar bersama kita tangkal isu sara, Hoaks. Yang mana paling diharapkan adalah menghindari timbulnya Politisasi Sara jelang Pemilu serentak tahun 2024 ini. Dimana perlu diketahui, bahwa Kabupaten Manokwari kini masuk dalam IKP Rawan Sedang atau Aman satu Sehingga diharapkan agar dapat turun menjadi Ringan atau Damai,”Tandasnya Menambahkan.

Adapun jadwal kampanye Pemilu 2024, mulai intens dilaksanakan 28 November 2023 – 10 Februari 2024. Itu terdiri Pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka, penyebaran bahan kampanye kepada umum, pemasangan alat peraga kampanye di tempat umum, debat pasangan calon presiden dan wakil presiden, dan media sosial.

Sebelumnya jadwal penetapan pasangan calon Presiden dan Calon Wakil Presiden dan Pengundian, penetapan nomor urut pasangan calon adalah pada 13 – 14 November 2023.

Lalu, pada 21 Januari-10 Februari 2024, adalah kampanye rapat umum, iklan media massa cetak media massa elektronik, dan media daring.

11-13 Februari 2024 memasuki Masa tenang dan 14 Februari 2024 adalah hari Pemungutan suara serentak Pemilu.
[Ian/Red]

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *