DaerahGarda Papua BaratGarda Sorong SelatanHeadline newsHUMANISUncategorized

Kunjungi Sorsel, Kajati Papua Barat Sosialisasi Peranan Jaksa serta Tinjau Lahan Persiapan Pembangunan Kantor Kejari

SORSEL, gardapapua.com — Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Provinsi Papua Barat, Dr. Harli Siregar, SH.,MH, beserta jajaran menyambangi jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel), pada Jumat (6/10/2023).

Dalam kunjungan itu, jajaran Kejaksaan Tinggi Papua Barat yang dipimpin oleh Kajati Papua Barat Dr. Harli Siregar, SH.,MH, turut memberikan sosialisasi Peranan Kejaksaan Dalam Penegakan Hukum dan Pembangunan terhadap Pemerintah Daerah Kab. Sorong Selatan, bertempat di Hotel Mratuwa Sesna.

Dalam pelaksanannya, dihadiri Bupati Sorsel Samsuddin Anggiluli, Ketua DPRD, Kapolres, Dandim, Sekda serta para Kepala OPD Kabupaten Sorsel.

Tujuan pelaksanaan sosialisasi tersebut untuk meningkatkan pemahaman mengenai fungsi dan peran Jaksa semakin dikenal dan dipahami oleh Pemerintah Daerah, dan Masyarakat dengan baik.

Dalam paparannya, Kajati Papua Barat Dr. Harli Siregar,SH.,MH, menyampaikan fungsi lain Jaksa khususnya dibidang perdata dan tata usaha Negara, terkait pelaksanaan tugas, fungsi dan wewenang, baik aspek teknis, administrasi maupun teknis juridis.

“Kami hadir disini dalam rangka memberikan sosialisasi terkait peran dan fungsi kejaksaan tentunya, telah kita secara lugas menggambarkan dan secara terang menjelaskan terkait apa itu peran dan fungsi kehadiran jaksa ditengah – tengah masyarakat dalam rangka mengawal dengan baik arah – arah kebijakan pembangunan didaerah sesuai dengan dasar aturan yang ada dan tentu berdampak langsung kepada Masyarakat,”Ucap Harli Siregar.

Adapun dengan pelaksanaan sosialisasi tersebut sebagai langkah meminimalisir berbagai problem yang timbul dalam proses pembangunan melalui kegiatan penegakan hukum, bantuan hukum, pertimbangan hukum, pelayanan hukum dan tindakan hukum lain bagi instansi atau lembaga maupun masyarakat yang membutuhkan.

Kajati mengatakan, bahwa sosialisasi itu dapat memberikan pemahaman terhadap seluruh pimpinan OPD tentang gambaran hukum yang dapat berdampak positif terhadap pelaksanaan pembangunan, berkordinasi dengan Kejati setiap adanya permasalahan.

“Ini komitmen kami bersama Pemerintah daerah untuk memberikan sumbangsih dalam mengawal pembangunan Sorsel kedepannya. Dimana kami juga meminta untuk Pemerintah Daerah Sorong Selatan bisa mendorong dan memberikan rekomendasi secepatnya dalam kehadiran kejaksaan negeri secara devinitif di wilayah pemerintahan kabupaten sorong, agar bisa memberikan pelayanan yang lebih baik kepada Masyarakat dan Pemerintah Daerah itu sendiri. Sehingga melalui dukungan pengadaan lahan yang telah direncanakan, bisa segera direalisasikan dalam hal mendirikan kantor kejaksaaan negeri sorsel,”Harapnya

Dimana dengan melihat letak wilayah secara geografisnya, Sorsel diyakini mampu untuk menjadi wilayah hukum yang semakin berkembang, dengan terbangunnya kantor – kantor kemitraan instansi terkait dalam hal mengawal kebijakan pembangunan daerah dari segi penegakan dan sosialisasi peranan hukum yang berkelanjutan.

“Sebagaimana kita tahu, provinsi papua barat daya (PBD) yang didalamnya terdapat 5 kabupaten /1 kota sejak dimekarkan, baru memiliki 1 kantor kejaksaan negeri yakni kantor kejaksaan negeri sorong. Sehingga daripada itu, saya kira ini sangat mendesak bilamana melihat dari latak geografi dan demografi, maka wilayah Sorong Selatan ini layak untuk segera didirikan satu kantor kejaksaan negeri guna memaksimalkan pelayanan dalam bidang penegakan dan sosialisasi hukum kepada Masyarakat,”Paparnya.

Dikesempatan itu, Kajati Papua Barat Dr. Harli Siregar, SH.,MH, sekalian meninjau lokasi tanah yang disediakan Pemkab Sorsel untuk rencana pendirian Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Sorsel.

Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli, sangat menyambut baik kegiatan Sosialisasi ini dan setelah mendengar paparan dari Kepala Kejaksaan Tinggi Papua Barat, berharap agar sinergitas Jaksa dengan Pemerintah (Eksekutif) ditingkat Kabupaten / Kota, secara khusus di wilayah Sorsel dapat terus berjalan dengan baik.

“Kami bersyukur, jajaran Kejaksaan tinggi bisa menyempatkan waktu dalam kunjungan kerja di Kabupaten Sorong Selatan, tapi juga dalam kesiapan untuk memantau dan meninjau secara langsung lokasi untuk persiapan membangun Kejaksaan Negeri di Kabupaten Sorsel,”Sebut Bupati

“Kami juga apresiasi karena Kejati bisa langsung melakukan sosialisasi terkait pengawasan dan penegakan hukum di Kabupaten Sorong Selatan, ini semua karena harapan agar kedepan dengan sinergintas bersama Kejaksaan, baik di tingkat Kejaksaan Tinggi, Kejaksaan Negeri Sorong, dan juga instansi lainnya maka diharapkan kedepan bisa mewujudkan pembangunan dan pelayanan pemerintah daerah bagi Masyarakat bisa terlaksana sesuai dengan prosedurnya dengan baik,”Paparnya menambahkan. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *