DaerahGarda ManokwariGarda NusantaraGarda Papua BaratHeadline newsNasionalPendidikanRegional

10 PJU Polda Papua Barat Ikuti Seleksi Sespimti Polri, PPRA Lemhanas & PKN TK-I

MANOKWARI, gardapapua.com — Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) melakukan pelaksanaan seleksi Pendidikan Pengembangan Perwira Tinggi (Dikbangti), tahun 2024.

Sebanyak 10 Pejabat Utama (PJU) Polda Papua Barat, berkesempatan mengikuti Seleksi Terpadu Dikbangti, Sespimti Polri Dikreg ke-33, PPRA LXVI dan LXVII Lemhanas RI serta PKN TK-I LAN RI T.A. 2024. Polri dalam kesempatan itu membuat terobosan layanan yang mengadopsi teknologi digital.

“Untuk tahun lalu, polda papua barat hanya mengirimkan 1 keterwakilan untuk sespimti, dan untuk tahun ini puji syukur masuk keterwakilan sebanyak 10 orang. Yang mana terbagi untuk mengikuti seleksi Sekolah Staf dan Pimpinan Tingkat Tinggi (Sespimti) Polri, Program Pendidikan Reguler Lemhanas dan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) tingkat I Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI,”Ucap Karo SDM Polda Papua Barat Kombes Pol Sugandi,S.I.K.,M.Hum, saat dikonfirmasi sejumlah awak media, pada Rabu (6/9/2023).

Karo SDM Sugandi menyebut, bahwa pola tahapan seleksi Pendidikan Pengembangan Perwira Tinggi (Dikbangti) adalah berupa kanalisasi. dimana para peserta tinggal memilih mengikuti tahapan tes yang mana diminati. Dari 10 PJU dimaksud terbagi atas bidang Sespimti yang diikuti oleh Dipolairud Polda Papua Barat, Kapolresta Sorong Kota, Dirlantas Polda Papua Barat, Dirintel, Kabid Humas, dan Kabidkum Polda Papua Barat.

Kategori Lemhanas diikuti oleh, Kabid Propam, Dirnarkoba, dan Kabid TIK. Lalu kategori PKN TK – I, diikuti oleh Dirbinmas Polda Papua Barat.

“Tahap ini dimulai dari agustus – september 2023. Dan perbedaaan dengan tahun lalu, pelaksanaan seleksi Dikbangti ini untuk tesnya dilaksanakan di Mabes Polri secara langsung. Sebab untuk yang di daerah atau tingkat Polda hanya melaksanakan pemeriksaan administrasi dan kesehatan,”Papar Karo SDM.

Namun demikian dalam tahapan selanjutnya, ada pemeriksaan administrasi, kesehatan, psikologi, bahasa inggris, kemampuan manajerial dan jasmani.

“Harapan tentunya, semoga para senior – senior kami ini bisa lancar dan berhasil untuk mengikuti tahapan tes tersebut. Sehingga nantinya, perwakilan dari Polda Papua Barat, diharapkan ada yang lulus serta ada yang terwakili dalam tahapan pendidikan sespimti, lemhanas dan PKN TK-I,”Paparnya. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *