DaerahGarda Sorong Selatan

Perkuat Teritorial Lantamal XIV Sorong Aktifkan Pos AL Sorsel

TEMINABUAN, gardapapua.com —Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XIV Sorong Brigjen TNI (MAR) Suaf Yanu Hardani lakukan Final Cek dalam rangka mengangkatifkan penugasan bagi 7 Personil TNi AL sebagai SATGAS Pos TNI Angakatan LAut Di teminabuan Sorong Selatan.

Pertemuan dalam rangka Final Cek ini dilakukan di PUSKODAL Lantamal XIV Sorong antara Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE,MTr APN didampingi Kepala Kesbangpol Sorong Selatan Edit Dony Tamela,SP dengan Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XIV Sorong Brigjen TNI (MAR) Suaf Yanu Hardani bersama Jajarannya Lamtamal XIV Sorong.03/06/2020.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XIV Sorong Brigjen TNI (MAR) Suaf Yanu Hardani saat diwawancara menjelaskan bahwa persiapan pembentukan Pos TNI AL di Sorong Selatan adalah tindak lanjut dari program Danlantamal sebelumnya.

Pertemuan kali ini adalah merupakan Final Cek penempatan Pos TNI AL di Sorong Selatan. ditambahkanya karena sampai saat ini belum adanya keputusan KASAL maka kedudukan TNI AL di Sorong Selatan merupakan SATGAS POS Angkatan Laut dengan tugas Pokok adalah sebagai penegak kedaulatan Negara di laut dan berusaha untuk membantu pemerintah daerah setempat untuk kesejahteraan warga serta siap mengamankan perairan di wilayah kabupaten Sorong Selatan.

Pihaknya akan menempatkan 7 Personil untuk masa penugasan selama 1 bulan dan selanjutnya akan diperhitungkan kembali.Dalam penugasan ini pihaknya akan mengajukan kepada pimpinan pusat untuk pemenuhan personil maupun material,yaitu Alutsita Apung,agar dapat melakukan patroli secara terbatas diperairan yang lebih luas di Sorong Selatan,sedangkan pengcovering yang lebih luas akan di lakukan oleh KRi dan Koarmada

Menurutnya pembentukan Pos AL lebih difungsihkan untuk pengumpulan informasi dan bukan sebagai penindak kebijakan dan yang lebih dibutuhkan dalam POS AL adalah SpeedBoad yang setidaknya untuk mengetahui tindakan tindakan illegal diwilayah Sorong Selatan.

Sementara itu Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE,MTr APN menjelaskan bahwa menindak lanjuti kesepakatan antar Pemerintah Daerah Kabupaten Sorong Selatan dengan Lamtamal XIV Sorong pihaknya melakukan kunjungan ke Lamtamal XIV Sorong dalam rangka memantapkan beroperasinya Pos TNI Angkatan Laut di wilayah Teritorial Kabupaten Sorong Selatan.

Bupati Sorong Selatan Selatan Samsudin Anggiluli,menambahkan bahwa wilayah kelautan kabupaten Sorong Selatan sangat luas untuk itu dipandang perlu untuk segera di fungsihkan.dalam rangka menjaga asset daerah berupa hasil kelautan agar tidak di ekplorasi secara ilegal sehingga dapat meningkatkan pendapatan asli daerah untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sorong Selatan. (Engelberto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *