DaerahGarda ManokwariGarda NusantaraGarda Papua BaratHeadline newsHUMANISRegional

Kapolda Papua Barat Pimpin Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Mansinam 2023, Berikut Penekanannya !

MANOKWARI, gardapapua.com — Kepolisian Daerah (Polda) Papua Barat melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Lalu Lintas Keselamatan Mansinam 2023 untuk tercipta kondisi, terutama menekan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di wilayah provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua Barat Daya (PBD).

Mengusung tema Kamseltibcarlantas yang kondusif menuju pemilu damai 2024, gelar pasukan ini dikuti personil jajaran Polda Papua Barat, unsur TNI, Satuan Pol Pamong Praja dan perwakilan Dinas Perhubungan, serta Jasa Raharja.

Apel yang digelar ini dilaksanakan di lapangan Mapolda Papua Barat, pada senin (4/8/2023) dipimpin langsung oleh Kepala Polda Papua Barat Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga.

Kegiatan operasi zebra Mansinam 2023 diketahui berlangsung selama 14 hari kedepan, mulai dari 4 – 17 September 2023 dengan menyasar segala bentuk pelanggaran dan yang berpotensi menyebabkan kemacetan.

Ada 7 prioritas pelanggaran yang akan menjadi perhatian petugas dilapangan saat melaksanakan penindakan, diantaranya pelanggaran menggunakan HP saat berkendara, pengendara dibawah umur, berboncengan lebih dari 1 orang, tidak menggunakan Helm SNI & Safety Belt, Berkendara dalam pengaruh alkohol, pengendara yang melawan arus, dan pengendara yang melebihi batas kecepatan.

Kepala Polda Papua Barat, Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga dalam penekanannya juga mengungkapkan, bahwa operasi Zebra Mansinam 2023 yang dilaksanakan jajaran Polda Papua Barat tak lain dalam rangka cipta kondisi kamseltibcar lantas menjelang pesta demokrasi tahun 2024, yang bertujuan untuk menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan angka fatalitas korban laka lantas serta untuk meningkatkan disiplin Masyarakat dalam berlalu lintas selaras dengan tema operasi Zebra Mansinam 2023.

“Hal yang menjadi prioritas dalam operasi Zebra ini seperti terlaksananya aturan lalu lintas itu dengan sadar. Bukan dengan paksaan, namun dengan kesadaran. Karena kita belajar dari data selama ini, disiplin berlalu lintas itu diwilayah papua barat ini masih kurang, sehingga dibutuhkan penekanan sedikit agar kesadaran ini, disiplin ini menjadi gaya hidup dan budaya dari seluruh pengguna moda transportasi,”Ucap Kapolda Papua Barat, Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga.

Menyasar pelanggaran terhadap gangguan keamanan, keselamatan, dan gangguan terhadap kelancaran berlalu lintas, pelaksanaan Operasi Zebra Mansinam 2023 ini juga melibatkan unsur terkait lainnya. Yakni, dari unsur pemerintah ada Dinas Perhubungan dan Satpol PP, kemudian unsur TNI dan Pihak Jasa Raharja, guna memback up sekira 200 personel kepolisian dalam menyukseskan pelaksanaan jalannya operasi tersebut.

“Hari ini serentak seluruh indonesia melaksanakan operasi Zebra. Di jajaran Polda Papua Barat dan polres jajaran sendiri, pelaksanaannya juga untuk pemilu yang tertib, damai dan beradab. Adapun secara mikro yang mau di awasi oleh jajaran Lalulintas, POM, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP adalah mulai dari pemeriksaan kelengkapan kendaraan, dan para pengendara yang tidak memenuhi aturan, dalam hal kelengkapan perorangan. Misalnya tidak menggunakan Helm sesuai SNI, tidak mengantongi Surat Izin Mengemudi (SIM) saat berkendara, STNK kendaraan baik roda dua dan empat saat sedang berkendara. Terus penggunaan aturan – aturan lainnya terkait jenis pelanggaran lalu lintas, terkait rambu – rambu dijalan dan marka jalan,”Ujarnya

Kapolda menambahkan, petugas kepolisian juga akan melakukan penindakan kepada para pengandara yang berkendara saat sedang dipengaruhi minuman keras, obat – obatan narkotika dan sejenisnya.

“Juga akan ada pemeriksaan kepada para pengendara terhadap kendaraan yang membawa Senjata Tajam (Sajam), Senpi dan alat – alat lainnya yang dilarang secara aturan dalam berkendara,”Paparnya

“Intinya di jalan ini kami akan lakukan pemeriksaan signifikan terhadap para pengendara dan kendaraannya. Dimana dalam operasi zebra kali ini, selain peraturan – peraturan lalu lintas, peraturan hukum lainnya akan kita terapkan, tujuannya agar bisa tercapai masyarakat yang tertib dan menghargai aturan. Sehingga pada akhirnya semua sadar mengikuti aturan sebagai pengendara moda transportasi,”Sambungnya

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Papua Barat Kombes Pol Raydian Kokrosono mengatakan dengan telah dilaksanakannya apel gelar pasukan tersebut, seluruh Polres dan Polresta jajaran Polda Papua Barat, dimbau agar dapat segera melaksanakan Imbauan dan penegasan Kapolda Papua Barat, Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga dalam rangka turut menyukseskan operasi Zebra Mansinam 2023.

“Disprintkan memang sekitar 200 orang, namun semua yang ada di Polda Papua Barat dan Polres jajaran itu juga terlibat dan mendukung. Sehingga Bapak Kapolda tadi dalam apel sudah ditegaskan, dan mengajak semuanya bisa terlibat membantu teman – teman atau rekan – rekan yang namanya telah disprintkan. Minimal bisa memberikan contoh yang baik kepada Masyarakat tentang pentingnya berkendara yang baik sesuai aturan berlalu lintas,”Ungkap Dirlantas

Dimana sebagai pengayom masyarakat, pelindung masyarakat, dan pelayan masyarakat terkait penegakan hukum sudah seharusnya bisa memberikan contoh dan lebih baik dibanding Masyarakat.

“Jadi kita juga akan koordinasi terus dengan rekan – rekan dari POM. Mungkin masih ada sejumlah oknum yang juga belum disiplin saat berkendara, ini juga menjadi perhatian bersama dalam rangka penindakan dan penertiban nantinya,”Tukasnya. [Ian/Red]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *