DaerahGarda ManokwariGarda Papua BaratHeadline newsHUMANISRegional

Casis Taruna Akpol, Bintara, Tamtama Polri TA 2023, Mulai Jalani Tes di Tingkat Polda Papua Barat

MANOKWARI, gardapapua.com — Kepala Biro (Karo) Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Papua Barat, Kombes Pol Sugandi menerangkan, bahwa terkait tindak lanjut hasil pendaftaran online jalur Akpol, Bintara dan Tamtama polri telah dibuka sejak tanggal 4 April hingga 14 April 2023, kini Peserta calon taruna Akademi Kepolisian (AKPOL), calon Bintara, calon tamtama Polri dari berbagai kabupaten dan kota di Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua Barat Daya mulai menjalani tahapan tes di Polda Papua Barat.

Demikian diungkapkan oleh Karo SDM kepada para wartawan di Kantor Gubernur Papua Barat seusai mengikuti peringatan hari Pendidikan Nasional, pada Selasa (2/5/2023), sebagaimana mengutip papuadalamberita.com.

‘’Hari ini, Selasa (2/5/2023) adalah tes kesehatan untuk bakal calon taruna taruni Akpol, peserta tes calon taruna jumlahnya seluruh Papua Barat ada 85 orang, terdiri dari 10 orang wanita dan 75 orang pria hari ini mereka memasuki tes kesehatan pertama,’’ ujar Kepala Biro (Karo) Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Papua Barat Kombes Pol Sugandi yang ditemui wartawan di Kantor Gubernur Papua Barat seusai mengikuti peringatan hari Pendidikan Nasional, Selasa (2/5/2023)

Untuk peserta tes calon Bintara akan dimulai pada hari Kamis (4/5/2023).

‘’Yang peserta tes calon Bintara dimulai lusa hari Kamis, hari ini masih pengumpulan data dari Polres Polres kurang lebih yang Bintara ada 3,000 orang, tesnya kemudian setelah itu akan masuk ke tahap kesehatan,’’ jelas Karo SDM Polda Papua Barat.

Menurut Karo SDM sampai saat ini belum di ketahui berapa jumlah penerimaan calon Akpol, Bintara dan Tamtama Polda Papua Barat 2023 ini.

‘’Belum ditetapkan, mereka menjalani tes sampai akhir, setelah akhir, kita akan laporkan ke Mabes Polri nanti Mabes Polri yang membagi kuota,’’ urai Kombes Pol Sugandi.

Ia mengatakan, dalam tahun ini ada tiga katagori penerimaan penerimaan calon anggota Polri.

‘’Adapun jalur pertama Bintara polisi umum, Bintara Brimob, Bintara Polair dan Bintara kompetensi khusus tenaga kesehatan atau Bakomsus yang diambil dari jalur kesehatan dan perawat,’’ ungkap Sugandi.

Kepala Biro SDM Polda Papua Barat berpesan setiap ada penerimaan calon Bintara, tamtama atau AKPOL adalah rawan penipuan dari oknum-oknum tidak bertangungjawab yang mengatasnamakan Karo SDM. Sehingga diharapkan agar kepada Masyarakat selalu berhati – hati, dan tidak mempercayai tindak tanduk oknum tertentu.

‘’Pesan kami selaku panitia, ini rawan terjadi penipuan, oleh karena itu kepada orang tua, calon siswa untuk tidak membayar atau teriming-iming oknum oknum yang menjanjikan keluasan, itu jangan percaya,’’ Imbaunya.

Adapun Tes calon siswa Polri berjalan dengan sistem gugur, pada saat siswa gugur ini sering dihubungi oleh pihak-pihak yang ingin menipu dengan iming-iming janji-janji bisa meluluskan dengan membayar sejumlah uang.

‘’Oleh karena itu pesan kami dari panitia kepada orang tua calon siswa dan masyarakat jangan tertipu oleh pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan, janganpercaya jika ada telepon yang mengatasnamakan pejabat Polda Papua Barat dengan janji akan meluluskan itu tidak benar,’’ tegas Sugandi. [Tam/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *