DaerahGarda Papua BaratGarda Pegunungan ArfakHeadline newsHukum dan KriminalHUMANISNasional

Jaga Kamtibmas Tetap Kondusif Jelang 1 Desember, TNI / Polri di Pegaf Gelar Apel Bersama

PEGAF, gardapapua.com — Jajaran Kepolisian Pegunungan Arfak (Pegaf,red) Polda Papua Barat, dalam rangka menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan nyaman serta kondusif, jelang 1 Desember 2022 melaksanakan apel gelar pasukan bersama jajaran TNI.

Demikian dibenarkan oleh Kapolres Pegunungan Arfak (Pegaf), Kompol Isaac Koko Hosio, S.IK, saat dikonfirmasi pada Rabu (30/11/2022).

Turut hadir dan mendampingi Dandim 1812 Pegaf Letkol Inf Syafei, Para Pejabat Utama Polres Pegunungan Arfak, Kapolsek Anggi Ipda Dwi Maryanto, Danramil Sururey Letda Lukaki, serta jajaran pasukan TNI/Polri terkait.

Kapolres Pegunungan Arfak (Pegaf), Kompol Isaac Koko Hosio, S.IK, mengatakan bahwa apa yang dilaksanakan pihaknya merupakan bagian kesiapsiagaan TNI/Polri dalam mengantisipasi kalender kamtibmas yang diperingati tanggal 1 desember setiap tahunnya.

Diharapkan kapolres, melalui gelar apel pasukan ini adanya sinergitas antara TNI/Polri dalam menjaga kamtibmas terutama di wilayah kabupaten pegunungan arfak (pegaf,red) dengan melakukan langkah – langkah pencegahan melalui metode preemtif, preventif dan represif yang terukur sesuai aturan hukum yang berlaku.

“Tujuannya agar kita sebagai pihak keamanan mampu melaksanakan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat untuk dapat menjaga ketentraman dan situasi Kamtibmas yang Kondusif, dengan mengedepankan peran fungsi – fungsi yang ada didalam institusi besar ini,”Ucap Kapolres Pegaf, Kompol Isaac Koko Hosio, S.IK.

Adapun titik perhatian pengawasan dibagi dalam tiga Zona. Zona pertana yakni Distrik Anggi sampai diwilayah Anggi Gida hingga di Polsek Anggi, Zona kedua berada di Distrik Minyambouw dan Distrik Hingk, sementara wilayah zona ketiga berada di Sururey, Gunung Maut sampai Gunung Kabut.

“Setiap Zona ada perwira yang bertanggung jawab dan mengakomodir segala kegiatan. Memang situasi sejauh ini kondusif, namun demikian jangan kita terlena dan jangan sampai hal – hal yang terjadi kita tidak antisipasi sejak dini. Sehingga dengan kehadiran dan kesiapsiagaan kita TNI / Polri, kiranya dapat menyurutkan niat oknum – oknum masyarakat apabila ada yang mau melakukan cipta kondisi melalui aksi – aksi pengibaran Bendera Bintang Gejora di 1 desember, atau gangguan kamtibmas lainnya,”Sebut Hosio.

Terkait dengan adanya rencana Razia di Pos Minyambouw dan beberapa titik lainnya dipersilahkan perwira atau pengendali lapangan yang mengatur dengan anggota.

Selain mengantisipasi pengembangan situasi 1 Desember, kesiapsiagaan para personil ini juga sekaligus untuk persiapan pengamanan jelang memasuki bulan perayaan hari raya keagamaan natal dan tahun baru.

“Mari kita bersama-sama ikut berpartisipasi menjaga keamanan dan Ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah Pegunungan Arfak yang damai ini,”Imbau Kapolres.

Ia berharap, dengan bersinerginya seluruh komponen bersama TNI/Polri, maka di wilayah Pegaf dapat terus melahirkan kekuatan dan persatuan. Itu dengan keyakinan dapat menciptakan kenyamanan di tengah – tengah masyarakat dengan baik.

“Kita juga dalam hal ini melakukan Penggalangan terhadap Toko Masyarakat, Toko Agama, Toko Adat agar bekerja dan menghimbau masyarakat agar tidak melakukan kegiatan di perayaan Hari Ulang Tahun Papua Merdeka serta sama sama menjaga Kamtibmas yang Kondisif,”Tukasnya. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *