Gelar Kejuaran Tinju Amatir, Pertina Manokwari Target Hidupkan Bibit ‘Legenda’

MANOKWARI, gardapapua.com — Dalam rangka menghidupkan kembali bibit – bibit legenda atlit tinju asal Manokwari, Papua Barat, Pengurus Kabupaten (Pemkab) Pertina Kabupaten Manokwari, resmi menggelar kejuaraan tinju amatir Bupati Cup (elite & youth), antara se-sasana di wilayah Kabupaten Manokwari, tahun 2022.

Kegiatan ini bergulir pada Jumat 23 September 2022 sampai dengan tanggal 29 September 2022 mendatang, bertempat di arena ring tinju Gor Sanggeng, Manokwari.

Kepada gardapapua.com, Ketua Panitia Pelaksana kegiatan, Benny Fonataba saat diwawancarai mengatakan, bahwa pelaksanaan kejuaraan tinju amatir Bupati Cup Manokwari tahun 2022 ini adalah dalam moment memperebutkan piala bergilir Bupati Manokwari. Dimana dalam pelaksanaannya melibatkan sekitar 13 sasana dari 23 sasana yang terdata pada Pertina di Kabupaten Manokwari.

“Dari 13 sasana itu ada sekitar 133 atlit yang bersaing dan terbagi dari beberapa kelas, mulai dari 45 Kg – 80 Kg, yang mana pada kesempatan ini bersaing untuk memperebutkan posisi terbaik dan piala bergilir ini,” Ungkap Benny Fonataba.

Disebutkan pula, bahwa target dari telah dilaksanakannya kejuaraan ini merupakan langkah – langkah pertina Manokwari untuk menjaring dan mempersiapkan bibit – bibit terbaik yang nantinya untuk dipersiapkan mengikuti beberapa kelas kejuaraan selanjutnya, baik di kelas daerah dan nasional, bahkan keluar nantinya.

“Jadi ini kita jaring dulu atlit – atlit terbaik, tentu berdasarkan rangking atau juara itu. Mulai dari juara umum, atau dari medali emas dan perunggu. Yang mana kesemuanya itu nanti akan dikolaborasikan kembali dalam satu wadah untuk mereka – mereka itu mengikuti kejuaraan daerah yang dalam waktu dekat ini di kaimana, dan kejuaran nasional lainnya,” Ungkapnya

Benny lalu mengimbau dan berharap, agar kepada para atlit agar disiplin dan bersaing secara sehat dalam event turnamen ini. Kemudian diharapkan pula, kepada pemerintah daerah dapat terus mensuport baik ajang cabang olahrga tinju ini, agar semakin banyak lahir atlit – atlit berbakat dari Manokwari yang mendunia.

“Perlu diingat bahwa sejak era tahun 70 – 80-an, Manokwari cukup terkenal dengan bibit – bibit atlit tinju yang cukup profesional. Sehingga harapan kami, para atlit yang bersaing pada kesempataj ini juga bibit berprestasi dan mempunyai kemauan yang tinggi untuk mengembangkan bakatnya di dunia tinju amatir dan bahkan profesional ini secara baik. Sehingga nantinya Manokwari dapat kembali melahirkan legenda – legenda petinju yang bisa bersaing sampai ketingkat dunia,”Paparnya.

Sementara itu, Ketua Pertina Manokwari, melalui salah satu unsur Pengurus Kabupaten Pertina Manokwari masa bakti 2022 – 2026, Dedhi Irmawan mengharapkan, agar Kejuaraan Tinju Amatir Bupati Cup Manokwari Tahun 2022, bukan sekedar menjadi ajang kompetisi dan kejuaraan olahraga yang diadakan di Kota Manokwari, namun seyogianya dapat menjadi ajang tolak ukur sejauh mana atlet-atlet Kota Manokwari dalam mencetak prestasi.

Serta tolak ukur kemampuan dan menambah jam tanding para atlet binaan se – sasana tinju yang ada di Wilayah Kabupaten Manokwari.

“Intinya saya ucapkan selamat, dan mari kita junjung tinggi sportifitas Satria di dalam dan diluar ring,”Harap Dedhi Irmawan. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *