DaerahGarda ManokwariGarda NusantaraGarda Papua BaratGaya HidupInfo Ekobiez

Sambut HUT RI ke-77, Kelompok Ternak Flamboyan Terpadu Gelar Pelatihan Pembuatan Pakan Fermentasi

MANOKWARI, gardapapua.com — Banyak cara untuk memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-77 tahun.

Fredrik Rumbiak selaku Pembina dan Pelatih pada Kelompok peternak Swadaya dan Mandiri “Flamboyan Terpadu”, dalam keterangan rilisnya kepada redaksi gardapapua.com, pada selasa (16/8/2022) malam mengungkapkan, bahwa dalam rangka memperingati HUT RI ke-77 dan sebagai bentuk ungkapan syukur, salah satunya dengan mengadakan kegiatan positif prosesi pelatihan pengolahan Pakan Ternak dengan cara Fermentasi untuk para petani ternak Babi.

Kegiatan yang dilaksanakan itu, melibatkan para peserta Peternak Babi Orang Asli Papua (OAP) di Kampung Aipiri, Kabupaten Manokwari.

Pelatihan fermentasi pakan ternak ini, dimaksudkan untuk menunjang para penerima manfaat memelihara ternak.

Berbeda dengan cara pemberian pakan secara biasa, dengan mengunakan pengolahan pakan fermentasi, mereka (peternak) selain lebih banyak waktu luang yang bisa digunakan untuk aktifitas lainnya juga bisa menghemat biaya pakan untuk ternak mereka.

Fredrik mengungkapkan, bahwasannya hal itu sebagai bentuk mendorong pengembangan usaha guna peningkatan ekonomi baik kepada anggota binaan maupun masyarakat sekitarnya.

“Beberapa kelompok ternak swadaya dan mandiri hewan babi di kabupaten Manokwari terus berinisiatif untuk berupaya melakukan pencegahan agar hewan peliharaan ternaknya bukan saja tidak sampai ikut tertular, namun tentu bergizi,”Ujar Fredrik Rumbiak.

Tujuan kegiatan tersebut juga sebagai bentuk melatih pembuatan pakan fermentasi bagi ternak babi dengan memanfaatkan batang pisang dan hijauan disekitar rumah warga.

“Bahan pakan yang digunakan, cacahan Batang pisang, hijauan, dedak, ampas tahu, garam dan Suplemen Organik Cair (suplemen ternak),”Jelasnya

Kesempatan itu, pihaknya kemudian melanjutkan dengan penyerahan Hand Sprayer dan Suplemen Organik Cair (SOC) oleh ketua Kelompok Flamboyan Terpadu, Ibu Agustina Rumfabe kepada peternak binaan setempat.

Pakan yang telah dibuat bersama langsung di bagi – bagikan kepada peserta yang hadir untuk dibawa pulang dan siap diberikan kepada ternak.

“Saya Fredrik Rumbiak, selaku pembina kelompok ternak swadaya dan mandiri Flamboyan Terpadu, bersama dengan Komunitas Tangan Muda Papua Barat, menyelenggarakan kegiatan ini untuk membantu peternak dalam menyiapkan pakan yang murah dan berkualitas,”Jelasnya. [TIM/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *