DaerahGarda ManokwariGarda NusantaraGarda Papua BaratGaya HidupHeadline newsInfo EkobiezRegionalUncategorized

Semarak HUT RI ke -77, Pemprov Papua Barat Bangkitkan Gairah Wisata Kuliner

MANOKWARI, gardapapua.com — UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dinilai merupakan ujung tombak dari perekonomian Nasional maupun di daerah. Terkait akan itu, dan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke -77 tahun 2022, Pemerintah Papua Barat melaksanakan event Wisata Kuliner UMKM Khas Nusantara, terlebih khususnya makanan Lokal Khas Papua di Kabupaten Manokwari.

Kegiatan itu terlaksana, pada Jumat (12/8/2022). Setidaknya, ada 100 orang pelaku UMKM turut serta menjajakan berbagai jenis kuliner khas nusantara menambah semarak acara tersebut.

Sebagaimana diketahui, event wisata kuliner itu terlaksanakan melalui program anggaran Dinas Koperasi dan UKM Papua Barat, sekaligus dalam peringatan Hari UMKM Nasional 12 Agustus 2022, yang ke-6 pada tingkat daerah di Papua Barat.

Penjabat (Pj) Gubernur Gubernur Papua Barat, Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw, M.Si menyatakan, bahwasannya apa yang telah dilaksanakan adalah sebagai bentuk menyemangati para pelaku UMKM untuk tetap bangkit dan tak boleh menyerah mengembangkan berbagai gagasan baru di bidang kewirausahaan agar bisa turut berkontribusi dalam memecahkan berbagai persoalan sosial ekonomi masyarakat akibat dampak pandemi, khususnya di wilayah Papua Barat.

“Jadi ini awal yah, nanti tahun berikut atau pas moment lain kita buat dan atur yang lebih baik. Nanti ada moment hari sumpah pemuda, ada HUT Papua Barat sekitar bulan oktober, nanti kita coba tata dan buat lagi,” Ujar Pj. Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw.

“Saya terima kasih atas kerja keras seluruh panitia untuk telah menyiapkan event ini. Seperti diketahui Pemerintah Daerah terus mendorong agar pemulihan ekonomi di daerah semakin baik yang tentunya juga berdampak pada pemulihan ekonomi secara Nasional,”Sambungnya.

Dirinya kemudian mengajak semua pihak untuk bersama – sama terus mendorong dengan berbagai kebijakan yang berpihak kepada UMKM agar tetap tumbuh menjadi wirausaha yang dapat meningkatkan ekonomi daerah serta terus memberdayakan UMKM melalui penciptaan iklim usaha yang kondusif.

“Tentu semuanya demi mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh Masyarakat UMKM Bangkit, UMKM Pulih, Papua Barat Sejahtera. dan juga mampu menjawab bangkitnya pemulihan ekonomi daerah,” Papar Pj. Gubernur.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Papua Barat, Stephanus Selang menuturkan bahwa pengembangan UMKM menjadi sangat penting dan strategis sekaligus menjadi peluang tumpuan sumber pendapatan dalam meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.

” Event ini sebagai bentuk dukungan kepada para pelaku UMKM di wilayah Papua Barat khususnya dibidang Kuliner agar tetap bersemangat dan tumbuh berkembang meski masih dalam suasana pandemi covid-19. Selain itu melalui moment ini juga mendorong daya kreatif para pelaku UMKM guna meningkatkan nilai tambah hasil produksi, serta memanfaatkan waktu atau event ini dengan baik untuk memasarkan jenis produknya,”Tukas Stephanus Selang.

Adapun dikesempatan itu, dilakukan juga penyerahan bantuan tenda metic, meja dan kursi sejumlah 1.600 buah bagi para pelaku usaha UMKM di seluruh wilayah Papua Barat.

Itu terdiri dari untuk pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Manokwari menerima bantuan sebanyak 280 buah.

Kabupaten Sorong dengan jumlah 185 buah terdiri dari Tenda Metic, Meja dan Kursi. Selanjutnya di Kota Sorong menerima bantuan sebanyak 145 buah.

Kabupaten Sorong Selatan menerima bantuan 100 set Tenda, Meja dan Kursi jualan. Kemudian Kabupaten Fakfak tenda metic sebanyak 300 buah. Kabupaten kaimana menerima bantuan tenda metic sebanyak 300 buah. Kabupaten Raja Ampat menerima tenda metic sebanyak 300 buah.

“Usulan penerima bantuan ini berasal dari kabupaten / kota. Sehingga bagi kabupaten kota lainnya yang belum menerima maka kedepan harus memasukan usulan, ke tingkat provinsi,”Ujarnya. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *