BPBD Kaimana Gandeng BNPB Tingkatkan Sosialiasi Pemahaman Pencegahan Bencana Daerah

KAIMANA, gardapapua.com — Dalam rangka meningkatkan pemahaman akan pentingnya pencegahan dini terhadap bahaya yang diluar pikiran manusia terkait kebencanaan Pemerintah Daerah Kabupaten Kaimana, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) diketahui gencar melakukan sosialisasi kepada lapisan Masyarakat.

Beberapa waktu tersebut, belum lama ini dengan menggandeng Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), akan pentingnya pencegahan bahaya.

Program ini masih pada masyarakat kampung pada Distrik yang dianggap berpotensi bahaya kecelakaan.

” Kami sudah kesana dan lakukan sosialisasi bahaya bencana, dan sangat direspon oleh masyrkat terutama pemrintahan kampung untuk kedepan itu melalui dana kampung akan diadakan Lift jaket sehingga siapa yang nanti ke kota itu dapat digunakan, karena mengingat letak geografis Kaimana ini, untuk menuju ke kampung atau Distrik hampir semua menggunakan transportasi laut, ada jalur darat tapi masih lama karena baru di kerjaan,”Terang Sekretaris BPBD Kaimana, Hans, Richo, Litaay di ruang kerjanya, pada Rabu (29/2022).

Kedepan program ini telah dianggarkan dan diusulka melalui Anggaran induk Tahun 2023 mendatang.

” Dari pos anggaran itu hanya memang fokus 2 Distrik, kami ada tambahan diperubahan dan juga ada program untuk sosialisasi keselamatan untuk tingkat pelajar(SMP) itu rencana kami, karena memang antisipasi bahaya dan keselamatan ini penting,”Tambahnya.

Berkaitan dengan SDM, ditambahkan lapangan cukup, hanya perlu di lakukan pendalaman dengan mengikutkan mereka pada Diklat sehingga staf lapangan telah paham dalam bertindak dilapangan.

” Artinya minimal mereka tahu SOP penyelematan dulu, baik bagi orang yang ditolong tetapi terpenting dirinya. jadi itu juga kami lagi dorong mudah mudahan bisa terakomodir,”Tukas Litaay. [JO/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *