Jaga Kamtibmas, DPP M1R Salam Sarane Imbau Masyarakat Bijak Bersosial Media

JAKARTA, gardapapua.com — Dalam menghadapi situasi yang terjadi di masyarakat Maluku saat ini, seperti yang terjadi di Kota Sorong dan Pulau Haruku Kabupaten Maluku Tengah, Ketua Umum DPP M1R Salam Sarane, Yoel Yakob Patty, menghimbau agar sebagai pengguna media sosial dituntut cerdas dan bersikap bijak dalam menggunakan kelebihan dunia digital dalam bermedia sosial di tengah masyarakat, terutama dalam situasi yang dialami oleh masyarakat saat ini.

Dituturkannya, bahwa media sosial memiliki dampak yang positif membawa manfaat dalam pertukaran informasi secara cepat dan akurat, namun disisi lain dapat menimbulkan berbagai dampak negatif yang akan berpengaruh secara langsung atau tidak langsung seperti, penyebaran ideologi radikal, yang dapat melunturkan ketahanan nasional.

“Peran serta media sosial di era digital ini sangatlah penting dalam mentransfer informasi kemana saja, sebab informasi apapun didapat begitu cepat dan seolah-olah bergerak tanpa batas oleh karena bisa didapat dari mana saja dan siapa saja dapat mentransfer informasi tersebut baik yang benar atau yang tidak benar alias hoaks,”Ucap bung Yoel Yakob Patty, Ketum M1R salam sarane INDONESIA.

” Ingat, bahwa Jika salah menggunakan bisa berdampak negatif dan bisa bersetuhan dengan hukum. Untuk itu bijaklah menggunakan media sosial. Jangan mem-posting atau men-share suatu hal yang belum jelas kebenarannya,”Tegas Ketum M1R Salam Sarane yang akrab disapa Bung Yopi Patty menambahkan.

Ditambahkan, Masyarakat dalam masa teknologi terkini harus diberi pemahaman terus menerus terkait kesadaran dan kecerdasan menggunakan media sosial seperti handphone dengan semua fasilitas yang tawarkan, sebab semua lapisan dapat berpendapat dalam bermedia sosial dan tidak terbatas oleh ruang dan waktu sehingga kebebasan berpendapat ini tanpa disadari dapat mengakibatkan masalah pelanggaran hukum yang dapat mengancam kehidupannya.

Senada, Bung Arwan Litiloly, Selaku Kapitang DPP M1R salam sarane INDONESIA, menghimbau agar kepada seluruh masyarakat Maluku secara khusus Para Pemuda – Pemudi generasi bangsa yang menjadi ujung tombak perubahan bangsa, agar mampu menjadi wadah yang juga turut memberikan edukasi yang baik terhadap sesama dan menanggapi bijak semua informasi yang masuk dan keluar sehingga terlihat peran serta dalam memilih dan menyampaikan berita yang benar kepada gandong basudara Maluku yang berada dimana saja.

“Karena berita atau informasi yang diterima secara tidak langsung menjadi referensi bagi mereka untuk harus bersikap dan bertindak bagaimana, nah hal ini yang wajib kita semua waspadai agar apa yang disampaikan itu harus bernuansa baik dan menenangkan masyarakat,”Tuturnya

Diingatkan juga oleh bung Arwan Litiloly bahwa karakter orang Maluku kadang bersifat fanatik berlebihan mengakibatkan merasa paling benar entah itu perorangan atau berkelompok yang cenderung menjadi anarkis dalam mempertahankan keyakinan informasi atau berita-berita yang di terima, benar atau salah tidak di saring lagi akibatnya perselisihan atau kesalahpahaman sering terjadi.

“Untuk itu, kita sebagai pengguna media sosial wajib memiliki filter dalam penggunaan fasilitas tanpa batas ini dalam memberikan informasi kepada masyarakat lain di dunia maya sebab jika informasi kurang tepat maka akibat yang di timbulkan bisa membahayakan kelangsungan kehidupan masyarakat lain, ini fakta yang sering kita lihat dimana informasi yang diberikan melalui informasi hoaks mengakibatkan terjadi perselisihan yang fatal diantara masyarakat seperti yang terjadi beberapa waktu lalu,”Sambungnya

Oleh karena itu, bung Maun Sangadji, selaku Sekjen DPP M1R salam sarane INDONESIA juga mengajak seluruh masyarakat khususnya di Maluku agar gunakan media sosial di era digital ini dengan cerdas dan bijak dalam berucap menyampaikan kebenaran informasi sesuai fakta yang nyata bukan yang bersifat katanya tanpa dilihat dan didengar langsung atau dialaminya sehingga yang di sampikan itu sebuah kebenaran bukan hoaks yang dapat berakibat tidak baik bagi masyarakat lain yang tidak tahu kondisi sebenarnya.

“Kita berharap, aparat keamanan TNI/Polri segera menyelesaikan masalah ini dengan cepat sehingga tidak melebar kemana-mana dan mendorong pemerintah daerah dapat dengan cepat merehabilitasi rumah masyarakat yang terkena dampak dari kesalahpahaman di tengah masyarakat yang ada di Kota Sorong dan Pulau Haruku Maluku Tengah,”Imbaunya.

“Jangan dibiarkan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan situasi yang ada ini menjadi momentum mereka menyebar hoaks untuk kepentingan sesaat mereka,”Tutup bung Maun Sangadji. [Tim/Red]

Editor : Iyan Molle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *