Bulog Sebut Stok Beras, Gula, Minyak Goreng dan Tepung di Manokwari Aman

MANOKWARI, gardapapua.com — Kepala Cabang Perum Bulog Manokwari, Firman Mando, mengungkapkan, bahwa selama tiga sampai lima bulan kedepan jumlah stok beberapa komoditi bahan pokok bakal tercukupi.

Sehingga, masyarakat Manokwari tidak perlu khawatir akan ketersediaan bahan pokok jelang Puasa dan hingga perayaan idul fitri tahun 2021.

Dimana ketersedian stok saat ini, Bulog Manokwari sampai dengan 06 April 2021, diketahui memiliki jumlah simpanan Beras khususnya beras medium (cadangan pemerintah,red) yang berada di gudang bulog sebanyak 2.132 Ton atau sekira (Dua Juta Seratus Tiga Puluh Dua Ribu Enam Ratus Tujuh Puluh Empat Kilogram). Sehingga dipastikan mampu memenuhi jumlah kebutuhan masyarakat sampai dengan tiga bulan kedepannya. Yakni periode April – Mei – Juni, 2021.

” Sehingga dipastikan ketahanan stok untuk beras tercukupi,”Ujarnya, kepada gardapapua.com, diruang kerjanya.

Dan untuk memperkuat stok ini, Bulog Cabang Manokwari mendapat suntikan tambahan kiriman beras masuk sebanyak 1.300 ton. Dimana untuk 300 ton yang berasal dari Makassar sudah tiba di Manokwari, dan siap di Bongkar. Sementara 1000 ton masih dalam proses pemuatan dari daerah asal Jawa Timur (Surabaya).

“Sehingga demikian kita akan lebih tercukupi kebutuhan beras jenis mediumnya, 3 – 5 bulan kedepannya,”Tukasnya

Adapun selain beras, Bulog Cabang Manokwari juga mengklaim bahwa jumlah komoditi bahan pokok lain seperti Gula Pasir, Minyak Goreng dan Tepung cukup aman ketersediaannya.

Itu dengan rincian, Gula Pasir sebanyak 100 Ton yang sudah disiapkan guna memenuhi kebutuhan masyarakat di momentum bulan ramadhan hingga hari raya idul fitri, Minyak Goreng sebanyak 826 Liter, dan Tepung Terigu dengan jumlah 2.426 Kg.

“Komoditi yang ada ini kita siapkan untuk melayani masyarakat tentunya dengan harga terjangkau, Beras Medium Rp. 8.900 rupiah/Kg, Gula Rp. 12.500/Kg, Beras Premium Rp. 11.000, Minyak Goreng Rp. 13.000/Liter, dan Tepung Terigu Rp. 10.000/Kg. Jadi untuk menjelang Bulan Puasa dan Idul Fitri dari sisi ketahanan stock kita cukup aman,”Jelasnya.

Selain itu dikatakannya, guna menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan terjaga dengan baik, pihaknya menunggu jadwal Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) untuk bersama menggelar Operasi Pasar (OP) dengan meninjau langsung di lapangan.

“Memasuki Bulan Suci Ramadhan hingga Idul Fitri nanti, Kami Bulog Manokwari pada prinsipnya selalu siap baik dari sisi stock maupun kestabilan harga. Dimana ini sesuai dengan tugas Fungsi kami,”Tukasnya. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *