Begini Peran M1R DPW Kota Tangsel dalam Membina Keberagamaan Toleransi di Moment Paskah 2021

TANGSEL, gardapapua.com — Ketua DPW M1R Kota Tangsel Bung Isle Litiloly, menyebutkan, bahwa DPW Maluku Satu Rasa (M1R) Salam Sarane, Kota Tangsel dalam minggu – minggu jelang dan hingga dipuncak perayaan Ibadah Paskah April 2021 turut hadir serta membantu TNI-POLRI Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Provinsi Banten, guna memastikan keamanan dan kenyamanan saudara – saudara sarane (kristiani) dalam melaksanakan ibadah Paskah aman dan berjalan lancar tanpa gangguan apapun.

Menurutnya, bahwa Kemajemukan warga masyarakat Kota Tangerang Selatan adalah bagian dari perbedaan yang sangat indah dan aset bagi perkembangan masyarakat modern di era melania saat ini. Berdasarkan kesepakatan nasional untuk hidup berdampingan dengan rukun antarsesama umat beragama di Indonesia harus dijaga dan dirawat, Indonesia sebagai satu kesatuan dalam Pancasila sebagai dasar negara, merupakan kesepakatan yang disusun oleh para pendiri bangsa untuk mengakomodasi keberagaman karakter seluruh rakyat Indonesia.

“Dan bagi masyarakat Maluku yang bermukim atau tinggal di wilayah kota Tangerang Selatan yang cukup banyak, khususnya pada Minggu Paskah, Inilah peran kami juga untuk bagaimana bisa mewujudkan nilai – nilai toleransi umat beragama itu harus tetap terjaga dan terawat sesuai dasar dan motto kami orang maluku Iris Dikuku Rasa Didaging, Salam – Sarane,”Ungkap Bung Isle Litiloly, (5/4/2021).

Sambungnya lagi bahwa hal ini sesuai amanah Ketum M1R salam sarane, yang menginginkan silaturahmi sesama anak – anak Maluku diperantauan tetap menjunjung persaudaraan salam – sarane wajib berjalan kembali seperti dulu lagi sebagaimana adat istiadat budaya orang maluku yang paling manis di negeri.

Sementara itu, Kapitang DPW M1R Kota Tangsel bung Albert Hursina, menyampaikan terima kasiha kepada seluruh basudara Muslim – pengurus dan anggota M1R Tangsel yang telah berpartisipasi menjaga setidaknya dua (2) titik tempat Ibadah Paskah basudara sarane yang melaksanakan ibadah Paskah, Inilah esensi dari kebiasaan orang tua yang harus dilestarikan.

“Sinergi ormas, pemuka agama dan aparat keamanan seperti ini wajib terus kita tingkatkan dalam membangun jembatan komunikasi antar masyarakat sehingga tercipta suasana humanis religius yang berdampak pada terciptanya kamtibmas dan kesadaran masyarakat dalam menjaga toleransi dan kerukunan antar sesama anak bangsa,”Tegas Kapitang DPP M1R salam sarane,Bung Arwan Litiloly yang bermukim di Ciputat Tangsel.

Sementara menurut Sekretaris Wilayah Kota Tangsel bung Beny Molle, bahwa dalam menjalankan roda organisasi, M1R kedepannya tetap turut memfokuskan program – program keagamaan dan sosial kemasyarakatan untuk di tingkatkan dan dilaksanakan di Kota Tangsel karena sesuai dengan motto Kota Tangsel “cerdas, modern & religius”.

“Serta kemajemukan masyarakat yang wajib kita pupuk dari waktu ke waktu, semua ini tentu sudah terintegrasi dalam AD/ART dari organisasi katong M1R salam sarane,”Kata Sekretaris Wilayah Kota Tangsel bung Beny Molle. [Tim/Red]

Editor : Ian Molle /Kairupan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *