DaerahGarda ManokwariGarda Papua BaratHeadline newsRegional

Pengembangan Pembangunan Bandara Rendani dan 2 Lainnya Disetujui

MANOKWARI, gardapapua.com — Komitmen Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan, dipastikan dalam tahun 2020 ini akan melanjutkan proyek pengembangan tiga bandara di Provinsi Papua Barat, salah satunya bandar udara rendani, kabupaten Manokwari.

Hal ini disepakati melaui penandatanganan kesepakatan bersama antara jenderal Perhubungan Udara pemerintah, Provinsi Papua Barat Kabupaten Manokwari, Kabupaten Pegunungan Arfak, dan Kabupatem Fakfak, Rabu (12/2/2020), bertempat di Jakarta.

Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan mengungkapkan, bahwa hal itu tentunya untuk meningkatkan pelayanan transportasi udara di daerah tersebut.

Doc. Humas Manokwari

“Penandatanganan kesepakatan bersama Kementerian Perhubungan tentang pembangunan tiga bandara di Papua Barat, sudah disetujui. Harapan kami secepatnya sudah bisa dilaksanakan,”Ucap Gubernur

Papua Barat Dominggus Mandacan
Dijelaskan, bahwa sesuai persetujuan itu, Kementerian Perhubungan akan memperpanjang landasan pacu Bandara Rendara Rendani Manokwari, yang dalam pada tahap pertama, panjang landasan pacu akan ditambah sejauh 100 meter, dari yang direncanakan sepanjang 300 meter perpanjangan ‘runway’ (landasan pacu).

” Pemasangan “boox cover” di ujung Bandara Rendani juga akan dilanjutkan, selanjutnya penimbunan dan pengerasan sebelum dilakukan pengaspalan,”Terangnya

Sementara itu, pemerintah provinsi papua barat serta Kabupaten Manokwari ditegaskan melakukan pembebasan lahan serta relokasi warga yang mengalami dampak pembangunan tersebut.

Sementara di Di Kabupaten Pegunungan Arfak, Kementerian Perhubungan akan meningkatkan landasan pacu Bandara Anggi menjadi 1.500 meter serta membangun terminal.

Dan untuk Bandar Udara di Kabupaten Fakfak dipastikan lokasi bandar udara akan berpindah. Hal ini karena lokasi yang lama sulit dikembangkan.

” Harapan kami melalui pengembangan 3 bandar udara di papua barat mampu mendorong pertumbuhan ekonomi, dan lebih memperluas pengembangan objek wisata juga,”Tukasnya

Sembari menambahkan, agar masyarakat diminta mendukung pembangunan tersebut agar berjalan lancar dan selesai tepat pada waktunya. [Rls/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *