“Kado Natal” Warga Kampung Tapuri Terima Bantuan Solar Cell

SORSEL, gardapapapua.com — Warga Kampung Tapuri, Distrik Kais, Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) akhirnya mendapat bantuan berupa solar cell (lampu tenaga surya) dari Pemerintah Daerah Provinsi Papua Barat.

Bantuan solar cell ini diberikan sebagai bentuk kepedulian dan perhatian kepada masyarakat yang belum memiliki fasilitas penerangan dalam hal ini listrik PLN. Unit lampu tenaga surya itu bersumber dari program pengadaan tahun anggaran 2021 pada Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Papua Barat.

Dimana kesempatan itu, kepada masyarakat diberikan pilihan Solar Cell type 130 WP, dari dinas ESDM Papua Barat. Memiliki panel surya silikon yang mampu mengubah atau mengeksploitasi iradiasi matahari matahari menjadi energi listrik meski dalam kondisi cahaya rendah, Solar Cell Type atau jenis ini diklaim dapat dipergunakan masyarakat untuk menyalakan bola lampu, Televisi, dan beberapa lainnya dengan cukup baik.

Dimana beban yang menggunakannya dinyalakan pada malam hari antara pukul 18.00 sampai dengan 06.00 wit pagi.

“Jadi ada 21 rumah di kampung Tapuri sudah terpasang solar cell semua. Per satu rumah dapat 1 unit dengan kekuatan 130WP. Ini bisa untuk nonton TV, Cas hp, Putar radio dan pohon Natal menyala,”Ungkap Yusak Rumbewas, Selaku Staf Bidang Energi pada Dinas ESDM Provinsi Papua Barat.

“Kami melihat di kampung tapuri rumah warga masih gelap karena belum tercover penerangan dari PLN. Sehingga melalui pemberian bantuan melalui program kerja dinas kami ini, sedikit telah membantu masyarakat serta mendukung program bapak gubernur dominggus mandacan dalam periode kepimpinannya yang ingin setiap program dari setiap bidang di dinas – dinas ini dapat langsung menyentuh dan bermanfaat bagi masyarakat,”Tutur Yusak Rumbewas menambahkan.

Sementara itu, Ketua Baperkam Kampung Tapuri, Simon Nipay juga menyatakan bahwa Masyarakat Kampung Tapuri sangat mengapresiasi serta mengucapkan banyak terima kasih kepada Gubernur Papua Barat, Bpk. Dominggus Mandacan, melalui Kepala Dinas ESDM Papua Barat dan mitra pihak ketiga CV. Gregorio Jaya, yang mana dalam menyambut momentum hari natal 25 Desember 2021 dan Tahun Baru 01 Januari 2022, 21 rumah warga di Kampung Tapuri sudah bisa merasakan manfaat dari energi aliran listrik dari bantuan Solar Cell ini.

“Natal ini kami di pelosok papua barat kampung tapuri distrik kais sorsel diberikan kado yang sangat istimewa. Rumah kami terang di malam hari siang hari kami bisa nonton televisi, dengar radio, cas hp, dan beberapa lainnya sesuai dengan daya dari solar cell ini. Kami atas nama pemerintah kampung dan masyarakat mengucapkan banyak terima kasih kepada bapa gubernur dominggus mandacan melalui dinas ESDM dan CV. Gregorio Jaya”Tukasnya.

Dia lalu berharap, agar kiranya dalam program – program kerja pemerintah kedepan dapat terus bermanfaat dan dapat dirasakan langsung oleh seluruh masyarakat, bukan saja di kampung Tapuri, Sorsel, namun pada wilayah kampung – kampung lainnya yang juga membutuhkan bantuan energi listrik. [Tim/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *