DaerahGarda ManokwariGarda Papua BaratHeadline newsPendidikanUncategorized

Besok Tiba di Manokwari, Bintara Remaja Afirmasi Otsus Polri Langsung Jalani Bintla

MANOKWARI, gardapapua.com — Sebanyak 1.496 Bintara remaja Polda Papua Barat jalur afirmasi Otonomi Khusus (Otsus) yang baru selesai mengkuti pendidikan Bintara di sejumlah SPN di Indonesia akan diberikan pembinaan dan latihan (Bintla) selama satu bulan di Polda Papua Barat.

Hal ini guna menumbuhkan kebanggaan terhadap satuan, bangkitkan jiwa sesuai Moto Polda Papua Barat, Waajaa Keema Nene Kapoka (membangun dengan hati).

Sesuai jadwal dan rencananya, para Bintara-bintara remaja ini akan tiba di ibu kota Papua Barat, Manokwari, pada Kamis dan Jumat (23-24/12/2021) dalam dua kali penerbangan. Setelah tiba anggota polisi remaja Polda Papua Barat langsung masuk ke Markas Polda Papua Barat, untuk kemudian menerima arahan serta instruksi untuk langsung mengikuti pembinaan dan latihan (Bintla).

‘’Bintara Otsus besok sudah ada yang dating, kedatangan dalam dua hari, besok (Kamis, red) dengan dan Jumat. kami sudah mempersiapkan segala sesuatunya terkait kedatangan mereka, kami sudah siapkan tempatnya di mana mereka akan melaksanakan pembinaan latihan, selama satu bulan di Polda Papua Barat,’’Ujar Kapolda Papua Barat Irjen Pol Doktor Tornagogo Sihombing, SIK,M.Si, didampingi Kabid Humas Polda Papua Barat, Kombes Pol Adam erwindi SIK, MH, saat ditemui wartawan di Polda Papua Barat, Rabu (22/12/2021) pagi.

Advertorial Nataru Waket II DPRD Tambrauw

Kepada mereka, akan juga diarahkan dalam satu upacara tradisi masuk kesatuan, Bintara Otsus ini akan menjalani pelatihan dan pembinaan.

‘’Saya harapkan masyarakat, atau mungkin memiliki keluarga dari Bintara – Bintara ini tidak perlu menjemput (di Bandara, red) karena memang kita langsung masukan ke Polda untuk latihan pembinaan sebelum kita tempatkan,’’Kata Kapolda.

Menurut Kapolda, setelah mengikuti latihan sebulan akan dilihat perkembangnya dan menunggu petunjuk dari Markas besar Kepolisian, apakah langsung di tugaskan ke Polres masing-masing atau ditugas ke keluar Papua Barat.

Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Pol Adam erwindi SIK, MH mengatakan Bintara remaja jalur Otsus ini melaksanakan kegiatan binlat selama sebulan lebih seminggu untuk lebih mematangkan apa yang telah diperoleh selama pendidikan di SPN-SPN se Indonesia untuk dapat diterapkan, khususnya sesuai karakter wilayah Papua Barat.

‘’Dalam penyambutan besok (Kami ,red) kami mengimbau kepada keluarga dan orang tua Bintara baru tidak berkerumun atau ada kegiatan-kegiatan lain di bandara karena situasi masih dalam pandemi Covid-19, karena setelah turun dari pesawat kita akan bawa ke Polda untuk melaksanakan bina latihan,’’ jelas Kombes Adam Erwindi.

Kabid Humas yang lulusan AKPOL tahuin 1999 ini mengatakan, setelah bina latihan sebulan lebih, kemudian Bintara remaja ini akan diberikan cuti kepada orang tua masing-masing, dan disebar ke Polres jajaran.

‘’Materi bina laithan yang sudah didapatkan di SPN akan disharing, bersama dengan senior-senior di Polda, kedua materinya bina latihan juga mengingatkan dan memberikan motivasi kepada adik-adik itu bahwa Ia sekarang sudah menjadi anggota polisi. Kemudian ada materi dan arahan dari kami para komandan agar bintara baru menjadi polisi yang benar-benar bisa diterima di masyarakat Papua Barat,’’ tutur mantan Kapolres Kaimana dan Kapolres Manokwari ini.

Kabid menambahkan, semua Bintara Otsus yang telah mengikuti pendidikan di sejumlah SPN ini semuanya kembali, belum ada perekrutan apakah ada yang terpilih ke Koorbrimob Mabes Polri, Densus 88, seperti leting sebelumnya.

‘’Semuanya kembali dalam dua kloter menggunakan pesawat komersial,’’ Kabid Humas yang pernah masuk dalam Satgas Nemangkawi. [*/Tam/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *