Bawaslu Manokwari Sosialisasi Pilkada Tahun 2020 Didistrik Warmare

MANOKWARI, gardapapua.com — Meningkatkan pengetahuan, kesadaran, partisipasi masyarakat dalam menyambut waktu pelaksanaan dan mendukung Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2020 mendatang, Bawaslu Manokwari Sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020 di 13 kampung distrik warmare, bertempat dibalai kampung mokwam, distrik warmare, kamis (21/11/2019).

Ketua Bawaslu Kabupaten Manokwari, Syors A Prawar dalam arahannya menerangkan tujuan sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pemilu. Dimana masyarakat di dorong untuk lebih sadar dalam menentukan hak suara berdasarkan hati masyarakat. Selain itu masyarakat diingatkan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat disaat waktu pemilihan kepala daerah nantinya.

Hal ini sesuai dengan tugas dan kewajiban Bawaslu undang – undang No.7 tahun 2017/ pada pasal 102, 103 tentang pemilu yang menyebutkan bahwa bawaslu kabupaten/kota bertugas dan berkewajiban menyosialisasikan penyelenggaraan pemolu yang berkaitan dengan tugasnya serta mengawasi semua tahapan penyelenggaraan pemilu secara tepat, dimulai dari proses tahapan dan sosialisasi.

” Jadi intinya saat pemilihan kepala daerah itu, baiknya menggunakan hak pilihnya sesuai kehendak hati, jangan mau tertipu dengan kepentingan elit politik,”Ucap Ketua Bawaslu Manokwari, Syors A Prawar

Dalam penekanannnya, Syors A Prawar menjelaskan, bahwa kepala kampung dan aparaturnya mempunyai peranan besar dalam mendedikasikan agar bersama masyarakat dapat lebih memahami baik pentingnya proses pembelajaran demokrasi yang lebih berkualitas.

Hal ini, karena kedaulatan ada ditangan rakyat partisipasi aktif memilih masyarakat menyukseskan pemilihan kepala daerah (Bupati/Walikota) diharapkan dapat lebih baik.

Kesempatan sosialisasi ini, masyarakat diperkenalkan penyelenggara pemilu yaitu KPU, Bawaslu dan DKPP yaitu suatu lembaga kehormatan yang mengontrol kinerja para penyelenggara pemilu.

Selain itu, masyarakat dalam turut menyukseskan sosialisasi pemilukada adalah dilaksanakan sesuai dengan PKPU nomor. 10/2018

” Intinya secara kelembagaan kami bawaslu menghimbau kepada bapak-ibu, agar mari bersama kita mengawal baik hak pilih kita, karena sudah tentu satu suara kita itu menentukan perubahan pembangunan dan kemajuan didaerah kita,”Tukasnya.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Sekdis Warmare Matias Sayori,S.Th, kepala kampung mokwam, Jhoni Tibiay dan dihadiri seluruh lapisan perwakilan masyarakat 13 kampung setempat. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *