Regional

Itwasum Polri, Gelar Kegiatan Taklimat Awal Wasrik Rutin Tahap II T.A 2019 di Polda Papua

JAYAPURA, gardapapua.com – Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polri menggelar kegiatan Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) Tahap II Tahun Anggaran 2019 di Polda Papua dan jajaran.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Wakapolda Papua Brigjen Pol Drs. Yakobus Marjuki, bertempat di Aula Rastra Samara Polda Papua, senin (15/7/2019).

Wakapolda Papua Brigjen Pol Drs. Yakobus Marjuki dalam sambutannya saat membuka kegiatan Taklimat Awal Wasrik Rutin Itwasum Polri Tahap II T.A. 2019 mengatakan, bahwa Wasrik merupakan salah satu fungsi manajemen oprasi kepolisian untuk menentukan sejauh mana pelaksanaan tugas di satker maupun satwil, apakah terlaksana secara efektif dan efisien untuk mewujudkan keberhasilan pelaksanaan tugas Polri.

Para peserta Kapolres jajaran Polda Papua.

Hal itu, untuk mewujudkan akuntabilitas kinerja Polri pada jajaran Polda Papua, yang telah berupaya maksimal menetapkan sasaran prioritas dan melaksanakan tupoksi sesuai dengan paradigma baru Polri.

“Saya mengucapkan selamat datang dan terima kasih untuk kehadiran tim wasrik Itwasum Polri di Polda Papua,” Ucap Wakapolda Papua Brigjen Pol Drs. Yakobus Marjuki mengawali sambutannya.

Dalam pelaksanaan pengawasan dan pemeriksaan pada TA. 2019 pada aspek perencanaan dan pengorganisasian, Itwasda Polda Papua telah melaksanakan wasrik terhadap 51 obrik (28 satker polda papua dan 23 satwil jajaran) dengan titik berat menyelenggarakan pengawasan ke arah layanan yang berkarakter quality assurance dan consulting service yang sekaligus melaksanakan prinsip-prinsip pelaksanaan pengawasan BPK-RI.

Sebagai informasi awal, persentase realisasi anggaran Polda Papua semester | TA. 2019 baru mencapai 57,63 %, dengan penjelasan :

A. Belanja pegawai 63,23%.
B. Belanja barang 54,75 %
C. Belanja modal 30,19 %

” Besar harapan kami, kiranya melalui kegiatan wasrik rutin Itwasum Polri ini, tim wasrik dapat memberi kontribusi kepada Polda Papua untuk menilai seberapa jauh capaian dan akuntabilitas kinerja polda papua guna bahan kajian dan evaluasi dalam rangka penentuan kebijakan lebih lanjut,”Harap Wakapolda

” Kami berharap kepada tim, kiranya dapat menggunakan kapasitasnya selaku konsultan dalam rangka memberikan dorongan moril bagi para kasatker terutama terhadap polres-polres yang sulit dijangkau, sehingga bijak dan program pimpinan Polri tentang reformasi birokrasi Polri dapat terwujud,”Tambahnya

Lanjut dia, bilamana dalam pelaksanaan wasrik ini ditemukan adanya kekurangan dan atau penyimpangan, Polda Papua siap untuk memperbaikinya dengan menindak lanjuti sesuai rekomendasi tim wasrik nantinya.

” Selamat melaksanakan wasrik tahap II pada aspek pelaksanaan dan pengendalian di bidang operasi, Sumber daya manusia, sarana dan prasarana serta anggaran keuangan di polda papua dan jajaran, kami berharap agar terlaksana dengan baik dan lancar sebagaimana yang telah direncanakan,”Tutup Wakapolda mengakhiri sambutannya.

Hadir dalam kegiatan ini selain Wakapolda Papua Brigjen Pol Drs. Yakobus Marjuki, turut serta Pejabat utama Polda Papua, Ketua Tim Wasrik Itwasum Polri beserta Anggota Tim, dan para Kapolres Jajaran Polda Papua. [**/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *