Aspirasi RakyatGarda Kaimana

Lukas Surbay/Ndiken Terpilih Jadi Ketua IKKBM (AnimHa) Kaimana

KAIMANA, gardapapua.com — Setelah menyatukan ide pendapat dan gagasan yang terinisiasi dari beberapa orang memandang perlu adanya sebuah Ikatan Kerukunan Keluarga Besar Merauke (IKKBM) dalam sebuah wadah organisasi kemasyarakatan dengan maksud turut menopang kerja – kerja sosial pemerintah daerah kabupaten kaimana untuk secara bersama membanggun pembanggunan di wilayah tersebut.

Dari hasil pertemuan kecil yang dihadiri oleh puluhan orang, baik dari suku asli dan suku nusantara kelahiran wilayah Adat Animha, kemarin telah dilakukan pemilihan secara aklamasi.

Dari hasil Rapat Pemilihan yang berlangsung di kediaman Ibu Sawen selaku ketua pembentukan IKKBM (Anim ha) kaimana, pada kamis(7/3/2024) dengan slogan Izokad bekai Izakod kai(satu hati, satu tujuan) Lukas Surbay/Ndiken (sub suku Marin) keluar sebagai Ketua dengan memperoleh 23 suara , sementara Meki Oron (sub suku Muyu/Mandobo) sebagai Wakil ketua 1, sementara pada wakil ketua 2 mengangkat Melkina Tameon (sub suku Mappi).

Ketua terpilih Lukas Surbay/Ndiken, dalam sepatah kata mengucapkan banyak terima kasih kepada semua warga dari Sub Suku dan semua anak anak suku nusantara kelahiran Merauke yang telah tergabung dan mempercayai dirinya sebagai Ketua IKKBM Kaimana.

“Semua Ikatan Kerukunan suku telah dibentuk di Kabupaten Kaimana, dan diakui, tetapi itu belum dikatakan Indonesia kalau belum ada Ikatan Kerukunan Keluarga Merauke di Kaimana, karena negara ini berdiri dari sabang sampai Merauke,”Ujar Ketua Kerukunan Keluarga Besar Meruake (IKKBM/Anim ha) terpilih, Lukas Surbay/Ndiken.

Lebih lanjut dikatakan Lukas, bahwa Organisasi IKKBM (Animha) yang telah ada akan tetap eksis dan terus berjalan melaksanakan kerja – kerja sosial dalam konsep membangun hubungan yang harmonis, serta bergandengan tangan dengan pemerintah daerah dan masyarakat delapan suku yang ada di kabupaten kaimana.

“Dengan terbentuknya Ikatan Kerukunan Keluarga Animha di Kaimana ini, secepatnya kami pengurus yang telah dipercayakan akan lengkapi perangkat struktur pengurusanya yang dilengkapi dengan akta hukum, dan akan kita daftarkan di Kesbang secara resmi, mari kita terus banggun hubungan ini secara baik seperti hari ini sampai setrusnya,”Ungkapnya.

Masih dalam kesempatan itu juga, secara langsung dia mengajak anak – anak non suku asli Anim ha yang lahir besar di Merauke untuk dapat bergabung dan memperkuat oraganisasi yang baru terbentuk ini.

“Pada prinsipnya kami akan membuka diri bagi, bapak,maka, adik, tante, om, kakak donk semua yang lahir besar di Merauke baik itu suku asli Anim ha maupun Nusantara untuk dapat bergabung, dan kepada keluarga besar suku besar asli di wilayah adat Anim ha yang lahir besar daerah lain juga bisa bergabung dalam kerukunan ini,”Ajak Ketua Ikatan Keluarga besar Animha Kaimana Lukas Surbay/Ndiken. [JO/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *