DaerahHukum dan KriminalNasional

Sinergitas Pemda Sorsel dan TNI-Polri Tolak Ajakan Gangguan Kamtibmas

TEMINABUAN, gardapapua.com — Kapolres Sorong Selatan AKBP Hans Rahmatuloh Irawan,SIK meminta seluruh komponen bangsa dan masyarakat untuk menolak ajakan kerusuhan, anarkis, dan segala bentuk provokasi, penghasutan ujaran kebencian, kedengkian dan dendam, berita hoaks, ajaran radikal, yang mengancam kamtibmas di Wilayah hukum dan pemerintahan Sorong Selatan (Sorsel, red).

Hal ini demi terpeliharanya kehidupan bermasayrakat, bernegara dalam bingkai berbangsa dan bernegara dalam Kesatuan Bhinneka Tunggal Ika.

Pernyataan ini disampaikan Kapolres Sorong Selatan AKBP Hans Rahmatuloh Irawan,SIK saat menyampaikan amanat dalam apel Konsolidasi berakhirnya Operasi ketupat Mansinam 2019 dan dalam rangka Persiapan Pengamanan Sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), bertempat dihalaman Mapolres Sarong Selatan, Jumat, (14/6/2019).

Kapolres Sorong Selatan AKBP Hans Rahmatuloh Irawan,SIK dalam amanatnya menjelaskan, bahwa pelaksanaan Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1440 hijriyah T.A 2019 dapat berjalan sesuai rencana, aman, tertib dan lancar.

Dijelaskan juga bahwa tantangan tugas operasi ketupat Tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, dikarenakan pada tahun ini juga pesta demokrasi 2019 masih berlangsung.

Dimana tugas operasi ketupat dibarengi dengan operasi pengamanan pemilu terasa cukup berat, sebab di perhadapkan kembali dengan rangkaian Sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum oleh MK. Yakni Pada tanggal 14 juni 2019, atau pada hari jumat ini akan dimulai sidang Pendahuluan perselisihan hasil Pemilihan umum pemilihan presiden, sidang dilaksanakan di jakarta, ibukota negara. Sehingga jajaran TNI-Polri tetap melaksanakan kegiatan penjagaan sesuai sandi operasi. Khususnya di Papua Barat adalah konsolidasi ops ketupat mansinam 2019, dalam rangka antisipasi adanya pihak-pihak yang menginginkan Kerusuhan di Provinsi Papua Barat dan di ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Khususnya untuk saudara kita yang sedang berjuang di ibukota negara. Namun kita sangat bersyukur karena wilayah kita Provinsi Papua Barat sampai saat ini masih dalam keadaan aman, mari kita jaga bersama untuk menciptakan suasana yang nyaman,aman dan sejuk di kabupaten yang kita cintai ini,”Ungkap Kapolres AKBP Hans Rahmatuloh Irawan,SIK.

Menurutnya, Analisa dan evaluasi terhadap penyelenggaraan operasi ketupat di Provinsi Papua Barat Tahun 2019 menunjukkan tingkat Keberhasilan yang sangat baik. Koordinasi dan kerja sama sinergis Seluruh pemangku kepentingan dalam Penyelenggaraan operasi ketupat Mansinam 2019 ini juga mendapatkan apresiasi positif dari publik.

Suasana gelar adpel pasukan konsolidasi ops. Ketupat Mansinam 2019 Jajaran Polres Sorsel.

Hal tersebut di tandai dengan tidak adanya aksi serangan teror, dapat ditekannya gangguan kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat ,dari 58 kasus TA 2018 menjadi 47 kasus tahun 2019. Selain iti, tidak adanya kasus intolerasi maupun kekerasan antar kelompok, serta terpeliharanya stabilitas harga dan Ketersediaan bahan pokok di tengah Masyarakat.

Keberhasilan operasi Ketupat mansinam tahun ini dapat juga dirasakan dengan tidak adanya Kecelakaan lalu lintas di Provinsi Papua Barat selama Waktu mudik dan balik, serta menurunnya angka kematian laka lantas.

” Hal ini dapat dicapai berkat dari usaha dan kerja keras kita bersama, TNI Dan POLRI, pemerintah kabupaten Sorong Selatan dan Maybrat, serta para Pemangku kepentingan, yang telah Mengerahkan segenap sumber daya personel maupun materi dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,”Cetusnya

Apel yang digelar di halaman Mapolres Sorong Selatan dipimpin oleh Kapolres Sorong Selatan AKBP Hans Rahmatuloh Irawan,SIK, turut dihadiri langsung oleh Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE, Wakapolres Sorsel Kompol Bidik Rysaladi,SH, Perwakilan Danramil Teminabuan, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Sorsel Yohan Bodori,S.Sos, Kepala Dinas Pendidikan Sorsel Hengki Gogoba,S.Sos,MA, Kepala Dinas SatPol PP Damkar dan Linmas Sorsel Agustinus Makamur,S.Sos,MA, serta Kepala Sahbandar Teminabuan.

” Insyaa allah segala upaya dan kerja Keras yang telah didarmabaktikan akan Memiliki arti yang sangat penting, bagi Kehidupan berbangsa dan bernegara serta menjadi amal ibadah bagi kita serta mendapatkan balasan terbaik dari Allah SWT,”Harap Kapolres. [EB/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *