Ini Pesan Bupati Sorsel Bagi Ribuan Umat Muslim Teminabuan Sebelum Sholad IED

TEMINABUAN, gardapapua.com — Ribuan Umat Muslim Teminabuan melaksanakan Sholad Ied Idul Fitri 1440 H yang dilaksanakan di Run Way Bandara Teminabuan, Rabu (05/06) pagi tadi.

Sementara itu Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE dalam sambutan sebelum Sholad Ied dilaksanakan mengatakan ucapan selamat Merayakan hari Raya Idulfitri yang merupakan hari dimana umat Islam kembali Fitrah atau bersih setelah melaksanakan Ibadah Puasa sebulan lamanya.

Meski sebelumnya juga, seluruh masyarakat indonesia telah melewati pesta demokrasi yaitu pemilihan presiden dan legislative mulai tingkat pusat dan daerah. Dimana dalam pesta demokrasi yang telah berlalu tentunya terdapat perbedaan dalam menentukan pilihan, namun jadikanlah perbedaan itu untuk membangun indonesia kearah lebih baik, khususnya di daerah Kabupaten Sorong Selatan.

“ Perbedaan pilihan dalam hal demokrasi itu adalah hal yang wajar namun terkadang pesta demokrasi telah berakhir dan perbedaan perbedaan itu masih terasa disebagian orang untuk itu perbedaan perbedaan atau putusnya silahturahmi ini hendaknya kita perbaiki dalam perayaan idulfitri ini,”ungkapnya

Oleh karena itu dalam kesempatan perayaan Idulfitri 1440 Hijriyah, Bupati Anggiluli lalu menghimbau hendaknya agar masyarakat di Sorsel menjadikan momentum tersebut dan menghilangkan perbedaan – perbedaan yang ada serta menyambung tali silahturahmi bahkan mempererat hubungan silahturahmi kembali, mendukung visi dan misi pemerintah menjalankan roda pemerintahan yang sepenuhnya untuk melayani masyarakat dan kemajuan sorsel.

” Dengan kembalinya fitrah batin atau jiwa kepada Tuhan Yang Maha Esa maka umat Islam diwajibkan menyambung silahturahmi saling maaf memaafkan, saling bantu membantu, baik sesama umat islam, maupun antar umat beragama lainya yang bertujuan untuk mencapai kebersihan lahiriah, sehingga hubungan kepada Tuhan bersih dan hubungan kepada sesama manusia juga bersih,”Harap Bupati

Adapun menjadi Khotib dalam sholat IED di sorsel adalah Ustadz Dardi Maarif. Dalam amanahnya juga mengajak jemaah untuk bersama sama meningkatkan keimanan dan takwa kepada Allah SWT yang maha penyayang dan maha pengasih dengan cara menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi segala laranganya.

“ Marilah kita buka seluas luasnya pintu maaf yang telah lama tertutup kita buka hati suci kita,pikiran jernih kita dan singkirkan kotoran dalam jiwa kita yaitu rasa dendam ,benci dan permusuhan dianatara sesama kita,”ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PHBI Sorong Selatan Karim Kaliki,S.Ag dalam laporanya menjelaskan Sholad Ied di kabupaten Sorong Selatan dilaksanakan di 7 Titik diantaranya di Ibukota Kabupaten Sorong Selatan yaitu di kota Teminabuan.

Antara lain, kampung Bumi Ajo, kampung Hasik Jaya Distrik Moswaren, Distrik Inanwatan, dan 3 titik lainnya di laksanakan di Distrik Kokoda.

” SholadI Ied merupakan sebuah kemenangan yang telah kita capai,”Ucapnya

Menurutnya walaupun bulan puasa dijalankan dalam masa demokrasi namun semua dapat berjalan sesuai dengan harapan pemerintah kabupaten Sorong Selatan.

” Bantuan pemerintah terkait Perayaan Idulfitri kepada distrik di wilayah Imekko telah di salurkan dan dipergunakan sebaik baiknya,”Jelasnya

Sesuai pantauan gardapapua.com, Ibadah yang berlangsung hikmat dan khusuk ini dipimpin oleh Imam Ustadz Arafah, dan selain dihadiri oleh Bupati Sorong Selatan pelaksanaan Sholad Ied juga tampak hadir Wakil Bupati Sorong Selatan Drs Martinus Salamuk, Sekretaris Daerah Kabupaten Sorong Selatan Dance Yulian Flassy,SE MSI, Kepala Kantor Kementerian Agama Sorong Selatan Drs. D.M. Syaranamual,M.Pd, Ketua Dewan Adat Suku Tehit Michael Momot,S.Pd, Kapolres Sarong Selatan AKBP Hans Rahmatuloh,Irawan,SIK,Asisten 3 Setda Sorsel H.M Aris,SKM,M Kes.,Kabag OPS Polres Sorsel dan Pimpinan OPD. [EB/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *