Dua buah Kapal Kayu diMerauke Ludes Terbakar, Ini Penyebabnya

MERAUKE, gardapapua.com – Dua buah kapal kayu yaitu Kapal Sinar Maros dengan pemilik kapal berinisial R dan kapal kayu Samudra Jaya dengan pemilik kapal berinisial M, Kamis sekitar pukul 13.00 wit ludes terbarkar.

Mendapat informasi tersebut, Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal, SH, melalui siaran persnya membeberkan bahwa hal itu telah ditangani langsung kepala Kepolisian Resor Merauke AKBP Bahara Marpaung, SH melalui Kasat Polair Polres Merauke AKP Micha P.Toding, SH, Sik Bersama anggotanya yang langsung sigap bekerjasama dengan Tim Basarnas dan anggota Pemadam kebakaran membantu korban kebakaran 2 buah kapal kayu yang terjadi di pelabuhan rakyat Kelapa V Merauke, Kamis (16/5/2019) itu.

” Jadi sudah ditangani, evakuasi sigap cepat jajaran kepolisian satpol air bersama tim basarnas, para korban sudah dievakuasi, “Sebut Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal.

Menyinggung penyebab Kejadian kebakaran yang terjadi sekitar pukul 13.00 wit itu, dikatakan bahwa sesuai laporan dan dugaan awal Kebakaran diawali pada kapal kayu Sinar maros yang saat itu oleh ABKnya sedang melakukan pemuatan BBM ( Bahan bakar minyak ) jenis Premium sebanyak 10 Ton dengan menggunakan Pompa mesin disel. Kemudian terdengat suara ledakan dari luar kapal yang akan berlayar dengan tujuan Pantai kasuari itu.

Atas insiden ini, dilaporkan Korban meninggal dunia yakni ABK Kapal Sinar Maros 2 korban. Sementara yang lain masih dalam tahap pencarian, dan ada identitas korban belum dikenali.

” sesuai info Semua ABK ada 5 dibawah, dan 6 diatas, 2 sudah ke rumah sakit atas nama iwan dengan saharudin dan dari yang belum ditemukan 3 orang atas nama agustan, sandi dan nirwan, hasil tim menemukan 1 korban yang sudah terbakar belum diketahui Namanya, sampai saat ini masih ada 2 korban yang belum ditemukan,”Ungkapnya.

Senada diungkapkan oleh Kasubbag Humas Polres Merauke AKP Suhardi BBM yang terbakar api mengenai kapal Samudra jaya 99 tujuan Okaba yang sandar di pelabuhan sedang pengisian BBM jenis premium juga berjumlah 10 Ton turut terbakar dan hanyut.

Adapun sampai dengan pukul 15.00 wit, nyala api di dermaga dan kapal sabuk nusantara 45 berhasil dipadamkan oleh tim kebakaran.

” Proses evakuasi dua korban kebakaran kapal dapat berjalan dengan menggunakan dua speed diantaranya milik satpolair Polres Merauke dan anggota sar dan menggunakan mobil sar untuk situasi pelabuhan kelapa lima masih dalam keadaan aman dan terkendali,”Tukas Kasubbag Humas Polres Merauke AKP Suhardi. [**/Red/Hms/Ian]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *