Bupati Kasihiw : ” Tugas Perusda Cari Duit, Bukan Habisin Duit “

TELUK BINTUNI, gardapapua.com — Sejak di bentuk dan dilantik para pengurus Perusahaan Daerah (Perusda) Kabupaten Teluk Bintuni hingga saat ini dinilai oleh Bupati Teluk Binruni Ir. Petrus Kasihiw, belum mampu memberikan dampak signifikan pemasukan dan keuntungan dalam meningkatkan APBD Kabupaten Teluk Bintuni.

Demikian diungkapkan Bupati Kasihiw, menanggapi sejumlah pertanyaan awak media, senin (28/1/2019) ketika melakukan inspeksi mendadak di kantor perusda yang saat ini masih bergabung dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Teluk Bintuni.

“Sejak dilantik dua bulan lalu, tugas dan fungsi Perusahan Daerah, Perusda belum banyak berbuat apa-apa, “Ujar Bupati Teluk Bintuni, Ir Petrus Kasihiw.

Kasihiw pun menjelaskan, Tugas Perusda adalah mencari keuntungan untuk menambah kas daerah bukan menghabiskan duit atau keuangan APBD.

Bupati Petrus Kasihiw didampingi Wabup Matret Kokop.

Dikatakan Bupati Kasihiw, bahwa ada beberapa tugas yang sudah diberikan kepada perusda serta telah tertuang dalam Perda perusda, untuk dilakukan dalam kewenangan Perusda.

Hal itu antara lain, menjadi agen penjualan hasil-hasil derah yang dihasilkan oleh petani maupun nelayan lokal serta mampu menjual atau mempromosikan keluar daerah Bintuni dengan label Bintuni.

Tugas yang kedua adalah, dapat menyiapkan dan mengendalikan Bahan Bakar Minyak (BBM), dengan cara menyiapkan SPBU dan mampu menyediakan stok serta mengendalikan harga,sedangkan mengenai hal teknis akan dibicarakan dengan pihak pertamina untuk menjaga kestabilan pasokan maupun harga BBM, mengingat selama ini kuota BBM di teluk bintuni selalu mengalami kekurangan akibat dimainkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Tugas lainnya, Perusda turut menyiapkan sarana dan pra sarana seperti Hotel. Adapun dalam hal ini adalah Peruada pun sudah melakukan pendekatan dengan pihak hotel Aston Niu Manokwari bahkan sudah ada kerja sama untuk membangun Hotel daerah di Kabupaten teluk Bintuni, dikatakan bahwa, kedepan jika ada perusahaan yang membuka kantor cabang di Bintuni dapat mengontrak Hotel Daerah tersebut.

“Saya optimis bahwa kabupaten teluk bintuni Dari sisi finansial akan semakin mandiri dan tidak bergantung pada transfer pusat jika perusda dapat dikelola dengan baik dan profesional,” Tutup Bupati Kasihiw. [kK/red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *