DaerahGarda ManokwariGarda NusantaraGarda Papua BaratGarda TeritorialHeadline newsHUMANISUncategorized

Coffe Morning Pangdam XVIII/Ksr dan Insan Pers, dari Apresiasi hingga Harap Pemilu 2024 Damai

MANOKWARI, gardapapua.com — Pangdam XVIII/Kasuari, Mayor Jendaral TNI Ilyas Alamsyah Harahap SE,M.Tr.,GCCAE berharap, insan Pers menjadi sarana edukasi bagi masyarakat serta dapat berperan ikut menjaga stabilitas keamanan melalui pemberitaan yang humanis, khususnya di tanah Papua, Provinsi Papua Barat.

Hal itu disampaikan Pangdam Mayjen TNI Ilyas Alamsyah, disela-sela kegiatan Coffee Morning bersama insan Pers di Kota Manokwari, Papua Barat, pada Selasa (9/1/2024).

Kata Pangdam, dengan tulisan yang dingin dan menyejukan, Pers bisa berperan menjaga stabilitas pertahanan negara, serta bersama wujudkan persatuan dan kesatuan NKRI, khususnya Papua Barat. Sehingga pentingnya, dalam mempublikasikan sesuatu hal sekiranya dapat berimbang dengan baik.

“Saya senang kegiatan ini bisa berjalan, dan kiranya silaturahmi ini bisa terus berkelanjutan. Saya membuka diri juga untuk tetap menerima teman – teman wartawan dalam melaksanakan tugasnya untuk melaksanakan konfirmasi – konfirmasi dalam pemberitaan. Namun demikian, tentu berdasarkan kaidah, dan etika, serta semampu dan sepengetahuan saya dalam menjawab. Intinya peran Pers dan TNI mari kita bersama wujudkan persatuan dan kesatuan NKRI, khususnya Papua Barat,”Ujar Pangdam Mayjen TNI Ilyas Alamsyah.

“Pemberitaan kita harus berimbang, jangan menjelekkan, namun demikian harus memiliki Makna, dan bisa mencerdaskan. Jangan membuat hal – hal yang kemudian karena tulisan kita dibenci atau tidak mencerdaskan publik, “Sambung lulusan Akademi Militer (1988-B), berasal dari kecabangan Infanteri (Kostrad), yang tersisa setahun lagi akan pensiun.

Sebagaimana pihaknya telah berkolaboarasi dan bersinergi dengan berbagai pihak, dirinya juga mengajak insan pers dalam mengawal dan mengawasi agar pemilu 2024 dapat berjalan lancar, aman dan damai.

“Karena pelaksanaan Pemilu kalau tidak dikawal dengan baik, maka akan terjadi pergesekan antar Masyarakat, karena beda pilihan. Untuk itulah, peran dan keterlibatan semua unsur harus bisa dimaknai dengan baik. Apalagi peran Pers, harus bisa menjadi penyejuk dalam membuat tulisan – tulisan yang humanis dan berimbang, bukan sekedae persepsi semata. Tulisan kalianlah, yang diharapkan mendinginkan suasana perhelatan Pemilu dalam menjunjung tinggi pelaksanaan Demokrasi yang damai,”Cetusnya

Dalam arahannya, selain menekankan kepada prajurit Kodam XVIII/Ksr agar terus menjaga kekompakan sesama anggota TNI AD dan terus menjalin sinergi yang baik dengan kepolisian hingga pemerintah daerah setempat, maka dengan seluruh Insan Pers juga diharapkan kolaborasi ini dapat terwujudkan dengan nyata dan baik nantinya.

“Saya berharap, bagi kalian insan Pers kedepan ditahun 2024 bersama kami jajaran TNI, bisa mewujudkan kedamaian dan ketertiban berdasarkan peran kita masing – masing. Mari bersama kita wujudkan Pemilu Damai. Saya berharap mari kita buat suasana perpolitikan di Papua Barat ini dingin. Pilihan mungkin boleh berbeda, tapi mari selalu buat suasana ini adem, tetap bersilaturahmi dengan baik,”Tukasnya. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *