Aspirasi RakyatDaerahUncategorized

Dukung Pembangunan Gedung Gereja GKI Syaloom Seribau, Ini Pesan Gubernur Mandacan

TEMINABUAN,  gardapapua.com — Gubernur Provinsi Papua Barat Drs Dominggus Mandacan berjanji akan mendukung pembangunan gedung gereja Syaloom Seribau GKI Klasis Teminabuan.

Pernyataan ini disampaikan saat menghadiri acara peletakan batu pertama pada Minggu (27/1/2019) kemarin dikampung Seribau Distrik Teminabuan Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel).

Prosesi peletakan batu pertama ini dilakukan oleh Gubernur Provinsi Papua Barat Drs Dominggus Mandacan, Ketua BPAM Sinode GKI Ditanah Papua Pdt. Hendrikus Mofu,STh,Ketua DPRD Provins Papua Barat Piter Konjol,SE,MM ,Ketua BPAM Koordinator Wilayah 7 Sorong Raya Pnt Nimbrot Sesa ,Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE,Bupati Maybrat Bernard Sagrim ,Dan Ketua Panitia Pembangunan Gedung Gereja GKI Syaloom Seribau Dance Yulian Flassy,SE,MSi,dan Kapolres Sorong Selatan AKBP Hans Rahmatuloh Irawan,SIK.

Turut hadir juga Wakil Bupati Sorong Selatan Drs Martinus Salamuk ,Ketua Klasis Teminabuan,Pdt Timotius Sagisolo,S.Si, sejumlah Pimpinan OPD Dilingkungan Pemprov Papua Barat dan pimpinan OPD diling Kabupaten Sorsel.

Gubernur Provinsi Papua Barat Drs.Dominggus Mandacan dalam sambutanya berpesan agar umat gereja jemaat GKI Syaloom, sorsel, jangan ragu dengan melihat gambar dan denah serta RAB karena gedung gereja yang begitu besar pastinya akan membutuhkan banyak biaya.

Gubernur Mandacan, meminta agar jemaat tidak down dan dengan Iman teguh dan selalu pasrah kepada Tuhan untuk meminta campur tangan Tuhan dengan berlutut dan berdoa dan menurut Gubernur, Tuhan pasti akan menjawab Doa umatnya melalui anak anak Tuhan yaitu sebagai Gubernur, Bupati, Pejabat yang ada dan semua anggota jemaat .

“Tentunya Tuhan akan meringankan langkah dalam rangka mendukung panitia sehingga gedung gereja ini akan dibangun sampai selesai tepat pada waktu Tuhan,”ungkapnya

Gubernur turut menyampaikan terima kasih kepada 2 orang Bupati asal Suku Tehit yang telah berjasa dan berkontribusi kepada warga Manokwari dalam rangka menghimpun pemimpin GKI saat itu untuk melaksanakan doa pertobatan dan pemulihan bagi orang Manokwari sehingga mulai saat itu setelah 10 tahun kemudian orang Arfak dan Manokwari mendapat kesempatan menjadi pemimpin di Tanah Manokwari.

Pihaknya selaku peririntah Provinsi akan siap mendukung pembangunan sarana prasarana rumah peribadatan untuk itu diharapkan pemerintah, gereja dan masyarakat adat selaku mitra “ Mari bersama membangun kualitas iman umat yang lebih baik sehingga tidak terjadi perpecahan diantara umat beragama.

Dirinya meminta ketua panitia untuk proaktif dan membangun komunikasi dengan pemerintah Provinsi Papua barat dan selalu berkoordinasi dengan pihaknya sehingga pembangunan gedung gereja ini dapat berjalan baik dan selesai tepat waktu.

Sementara Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE dalam sambutanya mengatakan, Pemerintah dan gereja adalah mitra kerja yang harus terjaga karena gereja memiliki umat dan masyarakat. Peran dan tugas gereja adalah bahwa gereja juga bertugas memberikan pembinaan bagi karakter umat.

” Patut kita syukuri bahwa di 92 tahun Injil telah masuk di tanah Tehit dan telah membawa berkat bagi kita semua. Kami selaku pemerintah akan selalu menyiapkan bangunan fisik dan sarana prasarana peribadatan dan dari evaluasi kami pada tahun sebelumnya sejak tahun 2017 sampai sekarang kami telah menyiapkan bantuan sarana peribadatan sebesar mulai Rp 100 Jt hingga Rp 1 Milyar,”Jelas Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE.

Dengan bantuan pembangunan gedung gereja di sejumlah sudut kota Teminabuan ini juga dimaksudkan untuk memperindah dan mempercantik tata kota Teminabuan, serta mendekatkan masyarakat melangkah ke rumah tuhan, untuk beribadah dan berucap syukur.

Sementara itu Ketua Panitia Pembangunan gedung Gereja GKI Syaloom Seribau Dance Yulian Flassy,SE,MSi yang juga menjabat sebagai Sekda Sorong Selatan menyampaikan terimah kasih kepada Ketua BPAM Sinode, Pemerintah Provinsi PB, Bupati Sorong Selatan dan Wakil Bupati dan jajaranya serta semua pihak yang telah terlibat dalam rangka menyelesaikan pembangunan gedung gereja ini.

Dance Yulian Flassy menambahkan bahwa dari kampung ini telah menghasilkan sejumlah penginjil yang telah menginjili sejumlah wilayah di daerah Sorong Selatan hingga wilayah Maybrat untuk itulah maka semua wilayah yang mendapat terang dari penginjilan ini diharapkan untuk menaruh perhatian bagi pembangunan gedung gereja ini nantinya,”Tukasnya. [EB/KK]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *