Aspirasi RakyatDaerahGarda ManokwariGarda Papua BaratHeadline newsPolitikSudut Pandang

Kader HMI Ini diusulkan sejumlah Partai sebagai Cawabup di Pemilukada Manokwari dampingi Hermus Indou

MANOKWARI, gardapapua.com — Sebagai bentuk peningkatan kemandirian dan prakarsa masyarakat di daerah sesuai tuntutan sebuah demokrasi melalui wadah Partai Politik, Bupati Manokwari, Hermus Indou, menerima lampiran surat usulan nama Calon Wakil Bupati (Cawabup), untuk dapat diterima mendampingi dirinya dalam Pemilukada Manokwari periode 2024 – 2029.

Demikian hal ini diajukan oleh sejumlah partai koalisi yang menamai gerbongnya sebagai koalisi 8, dalam hal menyikapi dinamika perpolitikan jelang pemilukada 2024 baik Gubernur – Wakil gubernur, serta Walikota / Wakil walikota dan Bupati – Wakil Bupati.

Terkait penyerahan sejumlah dokumen administrasi tersebut dibenarkan oleh Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Ummat Papua Barat Jemmy Morin, yang juga sebagai sekretaris umum koalisi 8 Papua Barat, membenarkan hal tersebut.

Adapun nama Calon Wakil Bupati (Cawabup) yang diajukan oleh Koalisi 8 adalah Purwanto, S.H.,M.Kn dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), yang diketahui merupakan kader tulen bentukan organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). HMI sendiri merupakan bagian dari kelompok pergerakan Cipayung Plus. Dimana kini, Purwanto, S.H.,M.Kn merupakan Koordinator Presidium MD KAHMI wilayah Manokwari.

Penyerahan berkas administrasi usulan Cawabup tersebut, kata Morin, dilaksanakan bertempat di Mansinam Beach Cafe, Manokwari pada senin (15/4/2024), malam.

“Jadi benar. Sebagai sekretaris tim koalisi 8, kami sudah berkesempatan telah melakukan beberapa proses administrasi dan telah kami rampungkan serta menyerahkannya kepada Bapak Hermus Indou, yang adalah sebagai Bakal Calon Kepala Daerah (Bupati) periode 2024 – 2029, yang sampai saat ini juga masih sebagai Bupati Manokwari Aktif. Ini sebagai bentuk usulan dari kami tim koalisi agar bisa bersekutu dan tetap dalam satu barisan agar bersama memprakarsai sebuah pergerakan politik yang demokratis,”Ucap Sekretaris Umum Koalisi 8 Papua Barat, Jemmy Morin.

Morin lalu melanjutkan, bahwa desentralisasi kewenangan dan politik di daerah, merupakan prasyarat dalam rangka mewujudkan demokrasi dan pemerintahan yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat. Sehingga menyikapi Keputusan KPU Pusat, dimana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, termasuk Pilkada Papua Barat 2024 akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang, meski enggan terburu-buru menentukan langkah dan pilihan untuk Pilkada se-Papua Barat 2024, namun proses dan tahapan penjajakan bakal – bakal calon kepala daerah akan gencar dilakukan pihaknya sebagai bentuk mengawal demokrasi perpolitikan di daerah berjalan dengan baik.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Hermus Indou, yang telah berkesempatan menerima berkas usulan dari tim koalisi kami, terkait usulan Calon Wakil Bupati (Cawabup) dalam perhelatan Pemilukada Manokwari,”Ucapnya

“Apa yang kami lakukan adalah bentuk untuk mencari pemimpin yang memenuhi harapan semua masyarakat di Wilayah Papua Barat, terlebih khusus di Manokwari. Selain itu, juga sebagai proses demokrasi mendukung langkah – langkah penjajakan Bapak Hermus Indou untuk dapat cermat melihat siapa Calon Wakil Bupati (Cawabup) yang akan mendampinginya dalam periode kedua kepimpinannya di Manokwari,”Sambungnya menambahkan.

Seperti diketahui, dari usulan yang dimasukan tentang cawabup, Morin menjelaskan bahwa dari PSI dan Partai Buruh masing – masing memiliki kursi ditingkat kabupaten Manokwari sebagaimana hasil pemilihan pileg periode 2024 – 2029 kemarin, sepakat bahwa figur Purwanto adalah salah satu figur yang mumpuni dan memenuhi kriteria internal koalisi 8. Ada juga Partai Hanura yang masih dalam proses berjenjang dan penjaringan aspirasi dalam mendukung Cabup – Cawabup dalam Pemilukada Manokwari 2024.

“Intinya, komunikasi politik koalisi 8 telah terbangun dari tingkat Provinsi dengan baik. Selain itu, Purwanto kami lihat adalah figur yang memiliki rekam jejak yang luar biasa. Dalam organisasi Purwanto tercatat merupakan kader tulen Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Manokwari, dan kini masih aktif sebagai Presidium KAHMI Manokwari. Makanya kami dari internal koalisi 8, kami coba untuk memberikan masukan tersebut kepada Bapak Hermus Indou yang kita juga ketahui, beliau merupakan kader GMNI, dan juga merupakan mantan ketua KNPI Papua Barat,”Jelasnya.

Dari penyampaian usulan dalam proses penjajakan bakal calon Bupati dan Cawabup di Manokwari, dan Papua Barat secara umum, tim koalisi 8 berharap dapat terus aktif mengawal kemajuan daerah.

Sebab, Pemilukada sejatinya merupakan momentum penting untuk melahirkan kepala daerah yang bersih dan berkualitas, serta memiliki visi dan agenda yang jelas untuk menjawab persoalan-persoalan yang ada di daerahnya. Baik dalam pendidikan, kesehatan dan pembangunan daerah. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *