Aspirasi RakyatDaerahGarda ManokwariGarda Papua BaratHeadline newsPolitikSudut Pandang

Penjajakan Partai Buruh bersama Koalisi Tim Delapan, Elektabilitas Hermus Indou Masih Tinggi

MANOKWARI, gardapapua.com — Walau dikatakan baru dalam perhelatan Pileg 2024 ini, Partai Buruh diwilayah Papua Barat secara khusus Manokwari, berhasil menunjukan elektabilitas capaian hasil perolehan suara.

Dipimpin Septi Meidodga selaku Ketua Partai Buruh Manokwari, Partai Buruh berhasi meraih satu kursi, dari daerah pemilihan (Dapil) 3 Manokwari.

Terkait itu, Ketua Komite Eksekutif Partai Buruh Provinsi Papua Barat, Jhon A. Pangetti, saat diwawancarai gardapapua.com mengatakan, bahwa capaian yang dilakukan partainya dalam tingkatan struktural mulai dari tingkat Provinsi, Kabupaten, Distrik hingga ke kampung – kampung tetap solid untuk kembali menatap pelaksanaan Pemilukada yakni pada 27 November 2024 mendatang.

Jhon A. Pangetti mengatakan, bahwa Partai Buruh telah melaksanakan langkah – langkah penjaringan dan penjajakan kandidat potensial untuk diusungnya ke Pilkada 2024 nanti. Hasil penjaringan itu, pihaknya menyatakan kemungkinan besar siap kembali mendukung sang petahana Bupati Hermus Indou.

Jhon juga menyebut, bahwa Partai Buruh sejauh ini terbuka dan sudah membangun komunikasi dengan partai – partai lain juga, semuanya untuk kemajuan Papua Barat secara khusus Manokwari.

Adapun sosok Hermus Indou, terbukti telah berpengalaman dan memiliki kompetensi dalam memimpin daerah. Melihat itu, di tahun 2024 Partai Buruh bertekad akan mengusung Hermus Indou sebagai calon Bupati di periode kedua.

“Jadi kami sudah melakukan pertemuan tatap muka dengan bapak Hermus Indou. tentu kami Partai Buruh secara khusus melihat dengan segala pertimbangan, serta komitmen untuk merangkum dan mengawal aspirasi rakyat lewat wadah partai politik ini secara baik,”Ujar Ketua Komite Eksekutif Partai Buruh Provinsi Papua Barat, Jhon A. Pangetti.

Selain karena kinerja yang dinilai baik, dan menerapkan program berdasarkan visi dan misi yang hampir tuntas, serta adanya dorongan dan tingginya animo masyarakat maupun simpatisan, juga menjadi indikator Partai Buruh telah bergerak cepat dan cermat melakukan proses penjajakan politik kepada sosok Hermus Indou.

“Partai Buruh prosesnya dari tingkat kabupaten telah berjalan sampai ke tingkat Provinsi. Kemudian nanti kami langsung usulkan ke tingkat pusat dalam hal ini DPP. Mengingat Partai Buruh dalam hasil Pileg 2024 Manokwari berhasil meraih satu kursi. Sehingga sudah pasti punya andil untuk terlibat membangun koalisi. Dan didalam tim koalisi delapan ini, ada sekitar 3 partai termasuk partai buruh yang mampu meraih masing – masing satu kursi DPRD periode 2024 – 2029,”Jelasnya.

Meski saat ini Partai Buruh belum memiliki cukup kursi untuk dapat mengusung calon kepala dan wakil kepala daerah sendiri, namun melalui komunikasi politik yang telah terbangun, Partai Buruh berharap dapat konsisten bersama partai – partai lainnya untuk berada dalam barisan pemenangan hermus indou.

“Selain itu, Partai buruh tidak berjalan sendiri namun beriringan dengan rekan – rekan partai lainnya, yang kami beri nama Koalisi 8. Ini penting, sebagai bentuk penyatuan kekuatan politik khususnya akar rumput melalui Partai – partai kami dapat tetap terwakili aspirasinya demi kemajuan pembangunan di Manokwari yang lebih baik,”Ucap John.

“Semua yang kami usulkan tentu sebagai bentuk persiapan dan memberikan pandangan dalam proses penjajakan bakal calon kepala daerah dalam perhelatan pemilukada Manokwari 2024,”Sambungnya menambahkan.

John menyatakan, bahwa pembangunan sejumlah sektor unggulan dalam periode kedua Hermus Indou, masih harus diselesaikan. Sehingga melalui sikap penjajakan politik oleh pihaknya, bersama tim Koalisi 8, diharapkan dapat mendukung peningkatan kesejahteraan rakyat di Manokwari jika dipimpin kembali oleh Hermus Indou.

Apalagi, potensi pembangunan sektor pertanian, pembangunan infrastruktur penunjang pelayanan transportasi, dan pelayanan publik (ruang terbuka), SDM, yang kini masih digenjot oleh hermus dalam masa kepimpinannya haruslah berjalan dan diselesaikan dengan baik.

“Harapannya tentu agar kedepan ketika disetujui oleh Bapak Hermus Indou dalam periode kedua kepimpinannya, semoga nanti bisa bersama kompak membangun Manokwari yang damai, tentram serta penuh dengan toleransi umat beragama. Sisi lainnya, adalah mampu juga mengerjakan program visi – misi yang bisa merubah wajah kota Manokwari dalam konsep pembangunan keberlanjutan dan memihak pada rakyat,”Harap Jhon A. Pangetti.

John juga membeberkan, bahwa konfigurasi berdasarkan simulasi sejumlah nama dan penjajakan pasangan calon kepala daerah pemilukada Manokwari 2024, walau masih sangat kompetitif, namun beberapa poin menegaskan telah menempatkan Hermus Indou selaku petahana dengan elektabilitas tertinggi.

“Kami Partai Buruh secara khusus yakin, ditangan sosok Hermus Indou dalam periode kedua bisa membangun Manokwari yang lebih baik. Kami melihat potensi dan elektabilitas Hermus Indou selaku petahana masih sangat tinggi. Selain itu, Partai buruh bersama tim koalisi 8, juga bertekad akan bekerja keras dilapangan dengan sekuat tenaga dan kemampuan kami bersama wadah mesin partai kami sampai ke basis tingkat kampung dan distrik untuk mengawal Visi – Misi pembangunan Manokwari yang lebih baik,”Terangnya. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *