DaerahGarda KaimanaGarda Papua BaratNasional

Perangi Inflasi, Bupati Freddy Thie Mengajak Warga Untuk Gertam dan Manfaatkan Lahan

KAIMANA, gardapapua.com — Warga di Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat, diimbau untuk dapat memulai memanfaatkan lahan kosong dipekarangan rumah tempat tinggalnya dengan gemar menanam tanaman (gertam,red) bibit jenis sayuran dan umbi – umbian, serta cabai.

Ajakan untuk mengunakan lahan kosong dipekarangan rumah untuk bercocok tanam itu disampaikan Bupati Kaimana, Freddy Thie, saat membuka kegiatan gerakan pangan murah yang dilakukan dinas ketahanan pangan dan pertanian kabupaten kaimana di jalan batu putih, tanggaromi kelurahan krooy, kaimana, papua barat.

Demikian hal tersebut sebagai bentuk mendukung upaya gerakan Nasional Pengendalian Inflasi dan menekan lajunya inflasi daerah di setiap kabupaten/ Kota yang ada di provinsi Papua Barat.

“Mungkin bapak, ibu dan kita semua disini Saya mengajak kalau bisa kita gunakan lahan lahan kosong di pekarangan rumah kita untuk dapat mulai bercocok tanam jangka pendek,”Ujar Bupati Kaimana, Freddy Thie.

Pemanfaatan lahan kosong untuk menanam juga adalah sebagai bentuk membantu perekonomian keluarga serta dapat menciptakan lingkungan hijau dan asri. Sisi lainnya, juga dapat mengirit kebutuhan dalam rumah tangga.

“Rencana pemerintah kedepan itu melalui dinas teknis akan bekerja sama dengan kelompok tani di masjid, atau kelompok tani dari gereja kita, atau lingkungan melakukan pendampingan membuat kebun, itu rencana kita,”Ungkap Bupati Freddy Thie.

Dengan adanya ajakan tersebut, Bupati Freddy Thie berharap, agar dinas teknis untuk dapat menyiapkan kebutuhan dasar seperti pupuk dan juga bibit yang dapat dipergunakan oleh kelompok tani ataupun warga yang datang mengajukan permintaan, guna memulai kegiatan aksi gemar bercocok tanam. [JO/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *