DaerahGarda ManokwariGarda Papua BaratHeadline newsNasional

Momentum Kolaborasi dengan Pemda dan Organisasi CPP, Manokwari Jadi Kota Pertama Gelaran Roadshow PHI ke 95

MANOKWARI, gardapapua.com —Momentum peringatan Hari Ibu (PHI) telah menjadi tonggak untuk selalu mengingat dan menghargai harkat martabat perempuan.

Terkait itu, beberapa rangkaian peringatan Hari Ibu ke – 95 melalui gelaran Roadshow PHI di tiga kota, yaitu Manokwari pada 18 November 2023, Aceh pada 22 November 2023, dan Bali pada 16 Desember 2023, menjadi sasaran dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia.

Di wilayah Manokwari, Papua Barat, Kementerian PPPA dalam pelaksanaan Road Show ke 95 berkolaborasi selain dengan Pemerintah Daerah Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Manokwari, juga menggandeng kemitraan dari organisasi Cendekiawan Perempuan Papua (CPP), yang diketuai oleh dr. Rosaline Rumaseuw, M.Kes, serta Lions Club, dalam pelaksanaan bakti sosial pembagian kacamata gratis untuk masyarakat prasejahtera dan pengobatan massal tersebut.

Rangkaian Kegiatan PHI ke 95 di Manokwari
Rangkaian Kegiatan PHI ke 95 di Manokwari

Kegiatan yang dilaksanakan pada sabtu (18/11/2023), bertempat di Aula Unipa, Manokwari, Papua Barat, turut di hadiri Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Drs. H. Ali Baham Temongmere, M.TP dan Ketua TP-PKK Papua Barat, Siti Mardiana, serta jajaran Forkopimda, instansi teknis OPD terkait dan kelompok mahasiswa/kepemudaan serta masyarakat.

Terkait itu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Ibu Bintang Puspayoga dalam kunjungannya di Manokwari, Papua Barat, menyatakan memberikan apresiasi atas kebijakan Pj. Gubernur Papua Barat, Drs. H. Ali Baham Temongmere, M.TP, atas upaya pembinaan dan komitmennya dalam pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di wilayah Papua Barat selama ini.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Ibu Bintang Puspayoga, dalam kesempatan wawancaranya bersama sejumlah awak media, turut memberikan respon positif terlaksananya kegiatan Roadshow PHI ke 95 tahun 2023, dimana Kota Manokwari, Papua Barat, sebagai daerah pertama menjadi wujud kolaborasi menggairahkan semangat Peringatan Hari Ibu (PHI) di Tanah Papua dan Indonesia, oleh jajaran Kementerian PPPA RI dengan Pemerintah Daerah.

“Tentunya dalam roadshow pada peringatan hari ibu yang ke -95 tahun 2023, dan diawali di Wilayah Tanah Papua, Papua Barat ini, saya sampaikan apresiasi atas sinergi dan kolaborasi yang terbangun antara kami jajaran kementerian PPPA RI dengan Pemerintah Papua Barat, serta dari dukungan organisasi perempuan yang ada, sehingga pelaksanaan Roadshow ini bisa terlaksanakan,”Papar Menteri PPPA, Bintang Puspayoga.

Tentunya melalui road show ini, diharapkan dapat mendorong peningkatan pemberdayaan perempuan.

“Karena kalau kita berbicara soal Pemberdayaan maka sudah tentu disana harus ada pendampingan dan dorongan motivasi. Sehingga terlaksananya kegiatan ini, patut diapresiasi,”Sebut Bintang Puspayoga.

Tetapi lebih dari itu, melalui roadshow ke 95 PHI, diharapkan pula menjadi sarana mendorong semua pemangku kepentingan dan masyarakat, memberi perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan. Sehingga pentingnya, peran serta pendampingan terhadap para perempuan, khususnya perempuan – perempuan papua dengan segala kreatifitas dan usahanya.

“Adapun disini soal pendampingan dan perhatian dari pemerintah daerah papua barat kepada perempuan – perempuan di papua barat ini harus menjadi perempuan yang semakin mandiri dan berdaya saing. Sehingga kalau kita mandiri, maka sudah tentu berkaitan akan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), penelantaran anak, itu bisa kita tekan agar tidak lagi ada kenaikan angkanya,”Ujarnya

Kesempatan itu, Menteri PPPA, juga mengapresiasi kekuatan perempuan papua secara khusus di wilayah Papua Barat, sebagai pilar yang turut berkontribusi melakukan peningkatan pengelolaan produk pangan lokal. Sehingga pentingnya, perhatian pemerintah daerah Provinsi Papua Barat, dalam hal melihat peluang tersebut agar semakin digairahkan dan mengedukasi secara lebih luas pentingnya mengkonsumsi pangan lokal.

Demikian hal ini, sebagai wujud implementasi dan mengawal kebijakan Presiden Joko Widodo, dimana telah menyatakan bahwa pentingnya mengembangkan produk pangan lokal, agar mengurangi ketergantungan terhadap komoditas pangan tertentu.

“Terkait bagaimana pemerintah daerah provinsi papua barat dalam hal peningkatan pengelolaan pangan lokal ini sangat menarik juga. Sebab kami sendiri telah melihat ada nyata, bagaimana melalui kreativitas yang ditunjukan oleh perempuan – perempuan papua telah mampu mengelola sumber daya pangan lokal yang ada menjadi sesuatu ciri khas makanan lokal siap saji. Ada mie dari sagu, minuman dari sagu, umbi – umbian dan keladi bisa diolah dengan baik, dan sangat enak ketika dimakan,”Ucapnya

“Jadi sekarang, bagaimana nanti kedepan bisa bersama terus mendorong mindset atau pikiran banyak orang, untuk mari kita mulai gemar mengkonsumsi juga hasil olahan pangan lokal. Jadi makanan pokok kita, kedepannya tidak selalu mengandalkan produk beras (Nasi,red), tetapi juga dari olahan pangan lokal bisa dimanfaatkan dengan sebaiknya,”Papar Bintang Puspayoga menambahkan.

Sekedar diketahui, bahwa Peringatan Hari Ibu (PHI) ke 95 tahun 2023, yang akan diperingati pada 22 Desember mendatang secara nasional, mengangkat tema utama “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju.” Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, mengatakan, PHI adalah momentum bangsa untuk mengenang dan menghargai perjuangan perempuan Indonesia.

Momentum ini juga penting untuk memaknai kembali PHI sebagai tonggak gerakan perempuan Indonesia untuk berkontribusi aktif memajukan bangsa dan negara. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *